Tutorial Mengganti Kampas Rem Cakram


Rem merupakan piranti keselamatan utama yang ada pada motor. Seiring dengan pemakaiannya, maka membutuhkan perawatan yang tepat pula. Selain minyak rem, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kampas rem. Benda inilah yang berhadapan langsung dengan cakram dan kampas rem dibuat dengan material berbeda yang mampu mengurangi panas akibat gesekan. Jika material ini sampai habis, maka besi akan berhadapan langsung dengan cakram dan membuatnya terkikis, serta suhu cakram akan menjadi sangat tinggi. Hal yang perlu dilakukan

1. Pengecekan Kampas Rem



Jika Anda perhatikan seksama, beginilah kondisi kampas yang habis, biasanya lempengan terlihat tipis. Anda dapat membeli kampas rem di bengkel resmi atau bengkel yang Anda percaya. Harga akan bervariasi. Untuk standar pabrikan harga berkisar antara 50 hingga 70 ribu rupiah. Gambar di bawah adalah contoh kampas rem baru yang masih tebal.


2. Persiapkan Alat yang Diperlukan
   - Kunci Sock 12
   - Kain Lap
   - Obeng (-)

3. Lepas 2 Baut Male Hex


Terdapat dua baut Male Hex yang dapat dibuka dengan kunci Sock ukuran 12. Setelah membuka kedua baut ini, maka Anda dapat melepas kaliper utuh.


Saat Anda melepas kampas rem, perhatikan benda di atas. Piston rem untuk motor di Indonesia kebanyakan menggunakan 2 piston. Benda ini yang akan menekan kampas rem, jadi jika Anda tidak berniat untuk mengganti oli rem, sebaiknya jangan biarkan benda ini lepas dari kaliper atau oli rem akan berceceran dan Anda harus mengisi ulang oli rem dan membuang udara keluar dari dalam kaliper agar rem berfungsi dengan baik.


4. Memasang Kampas dan Mengembalikan Pada Cakram
Anda kemudian dapat memasukkan cakram seperti pada gambar di bawah nomor satu. Dan jika Anda kesulitan memasukkannya ini kemungkinan akibat piston dalam posisi mengunci seperti gambar di atas. Gunakan obeng (-) dengan memasukkannya di sela-sela piston dan kampas rem. Ungkit hingga piston masuk ke dalam dan Anda dapat memasukkan kampas dan memasangnya kembali ke cakram pada rem. Setelah itu Anda dapat melanjutkan pemasangan baut seperti gambar 2,3 dan 4 pada gambar di bawah.


Pasang kembali baut Male Hex pada kaliper.

5. Voila! Anda Telah Berhasil Mengganti Kampas Rem Sendiri
Mungkin ini bukan salah satu prestasi terbesar Anda, tetapi setidaknya Anda belajar hal baru yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Tidak ada yang salah dengan belajar dan mencoba. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram