2017 BMW R NineT Scrambler, Sang Naked dengan Tampilan Klasik

motorcyclecruiser.com (Kevin Wing dan Jon Peck)

Pada 2 posting-an sebelumnya, kita telah membahas dua motor keluaran BMW yang memiliki nama yang sama, tetapi memiliki jenis yang berbeda-beda.. Jika menginginkan sebuah motor naked dengan kemampuan off-road, Urban G/S bisa menjadi pilihan yang tepat dan jika Anda menginginkan sebuah motor klasik dengan fairing dan model cafe racer, R NineT Racer bisa menjadi jawabannya.. Sekarang, jika Anda menginginkan sebuah motor dengan model Scrambler, BMW juga sudah menyediakannya..

Pipa knalpot samping yang didesain tinggi, ban dengan tapak menonjol dan mesin yang bertenaga R NineT memiliki semua ini.. Seperti pada R NineT lainnya, motor ini juga menggendong mesin 1170cc model boxer yang mampu menghasilkan 110 tenaga kuda (82kW) dan torsi 116 Nm yang memiliki putaran lebih tinggi ketimbang tipe mesin V, L atau twin parallel..

Untuk model R NineT, sebenarnya masih ada satu jenis lagi, yakni Roadster dengan harga 26 jutaan lebih mahal dan lupakan segala keindahan pada motor tersebut karena Scrambler ditargetkan untuk anak muda.. Dengan ukuran diameter pelek depan mencapai 19 inchi, motor ini memiliki pelek depan 2 inchi lebih besar dari model Roadster dan membuat posisi berkendara lebih ergonomis..

motorcyclecruiser.com (Kevin Wing dan Jon Peck)

Dengan adanya R NineT pada jajaran line-up BMW Motorrad mendapatkan banyak respon positif.. Tidak mau terlena begitu saja, BMW mencoba mengkreasikan motor ini dengan berbagai model.. Dan meskipun BMW adalah produsen motor terakhir yang membuat desain sebuah Scrambler (sebelumnya sudah ada Ducati, Honda dan Triumph), BMW membuat motor ini senyaman mungkin dengan posisi jok 820mm dari tanah.. Hanya saja dengan mesin yang dibawanya, bobot motor mencapai 219,9kg.. Meskipun ini sudah 2,2kg lebih ringan ketimbang model Roadster.. Dan wheelbase-nya mencapai 50mm lebih panjang dari model Roadster..

Meskipun 170 jutaan masih tergolong mahal, BMW sudah berusaha menekan harga motor ini dengan menggunakan suspensi depan model teleskopik, tangki berbahan baja menggantikan alumunium dan juga pelek cetakan, serta speedometer standar.. Jika menginginkan lebih, Anda dapat membelinya secara terpisah berupa tangki alumunium seharga 12 jutaan, pipa pembuangan chrome dari Akrapovic seharga hampir 2 juta rupiah dan pelek jari-jari 6,5 jutaan dan auto stability control seharga 5,2 jutaan.. Tambahan, jika Anda menginginkan ban street ketimbang model tahu, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun..


Motor ini juga menggunakan sistem 6-percepatan yang dapat digunakan untuk off-road.. Dan jika Anda menginginkan motor yang sedikit liar, Anda dapat mematikan Traction Control.. Motor ini memiliki torsi yang nampol dan juga sistem pengereman ABS sebagai standar, tetapi jika Anda ingin penghangat pada handlebar, Anda dapat membelinya secara terpisah.. Sebagai pengingat, pabrikan biasaanya menciptakan sebuah motor dengan berfokus pada satu keunggulan, sedangkan BMW menciptakan motor ini dengan desain yang menarik, mesin brutal dan juga satu lagi yang tidak boleh dilewatkan dari sebuah motor Scrambler.. Yep, it's still classic..

Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat.. Artikel dan gambar bukan sepenuhnya milik saya.. Cek artikel lengkapnya di motorcyclecruiser.com

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram