'Stop A Douchebag', Gerakan Kepedulian Akan Jalanan di Rusia


Belakangan ini saya banyak melihat video di Youtube akan gerakan kepedulian yang dilakukan oleh beberapa pemuda di Rusia yang mengingatkan para pengguna kendaraan bermotor untuk lebih peduli dengan kondisi jalanan. Video pertama kali yang saya lihat adalah ketika mereka mengingatkan para pengendara untuk tidak parkir di tempat pejalan kaki. Meskipun ini bukanlah sebuah gerakan yang disukai banyak pengguna kendaraan bermotor, tetapi bagi sebagian orang mereka adalah pahlawan.

Banyak sekali pihak yang diuntungkan disini, terutama mengurangi kemacetan di jalan yang diakibatkan oleh pengendara yang tidak tertib dan juga mengembalikan hak pejalan kaki yang dilanggar oleh oknum-oknum tersebut. Konsekuensi yang harus diterima bagi mereka yang melanggar namun tidak mengindahkan teguran dari kelompok sosial ini akan mendapatkan stiker pada kaca depan kendaraan, baik mobil maupun motor.

'Stop a Douchebag' sendiri merupakan sebuah pernyataan yang digunakan sebagai nama gerakan ini yang berarti 'menghentikan si bodoh' dengan tagline 'I spit on everyone, I drive where I want' (Aku meludah ke semua orang, aku berkendara dimanapun aku mau).


Gerakan ini menimbulkan kontroversi dimana sebagian pihak merasa dirugikan oleh kelompok ini, tetapi bagi sebagian lainnya setuju dengan keberadaan mereka. Bukanlah hal yang mudah, beberapa yang tidak terima dengan apa yang mereka lakukan bahkan melakukan perlawanan. Mulai dari kata-kata kasar hingga perkelahian sempat terjadi.

Tetapi dampak positifnya memang jelas terlihat. Sebuah mobil yang berhenti di jalur berkendara dapat membuat kemacetan panjang hanya untuk kepentingan seseorang. Di Indonesia sendiri hal ini menjadi sangat lumrah dan tentunya membawa sumbangsih cukup besar untuk kemacetan yang terjadi. Setidaknya itu saja yang ingin saya sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram