BMW G310GS, Motor Adventure Entry Level dari BMW


Belakangan ini BMW memang mulai melakukan penetrasi di segmen kubikasi kecil.. Sempat bekerjasama dengan perusahaan roda dua India, yakni TVS, BMW mulai menciptakan motor premium yang lebih terjangkau, meskipun tetap saja harganya berbeda dengan motor pabrikan Jepang.. Di sini BMW ingin menegaskan bahwa 'terjangkau' itu berbeda dengan 'murah'.. BMW tetap memberikan patokan standar untuk produk mereka..

Motor ini menggunakan mesin 313cc berpendingin cairan, 1 silinder dan menggunakan metode yang biasa dikenal dengan backward-tilted cylinder dengan kelebihan membuat titik tengah gravitasi tetap rendah dan memberikan beban lebih pada ban depan.. BMW tetap mempertahankan citra dari GS series yang merupakan motor Adventure dari BMW juga dilengkapi suspensi panjang dan full LCD speedo..

Mesinnya dapat menghasilkan tenaga sebesar 25,3kW dan torsi sebesar 28,4 Nm dengan bobot kendaraan 169,5 kg dan ketinggian jok hingga 835mm.. Performa dan kemampuannya dalam melahap tikungan juga dibantu dengan wheelbase yang lebih pendek dan juga suspensi depan jenis Upside-down dengan diameter 41mm..



Seperti pada motor Adventure pada umumnya, BMW juga menggunakan pelek depan dengan ukuran lebih besar ketimbang bagian belakang, yakni 19 inchi dibalut dengan ban berukuran tebal 110/80 R-19, sedangkan pada bagian belakang menggunakan pelek berukuran 17 inchi dengan ban berukuran 150/70 R-17.. Tidak hanya ban besar yang meningkatkan grip pada aspal, BMW juga memberikan piranti pengereman berupa kaliper 4 piston dengan cakram berukuran 300mm pada bagian depan dan kaliper 2 piston dengan cakram 240mm untuk bagian belakang.. Seperti pada motor BMW yang lainnya, ABS adalah fitur standar dan dapat dimatikan untuk keperluan berkendara..

Dilengkapi dengan sistem 6-percepatan dan mesinnya dapat meraung hingga 10.500 rpm.. Dengan desain dan fitur-fiturnya, harga yang dipatok tidak akan jauh dari versi street-nya.. Dan dengan kemungkinan terkena pajak barang mewah, harga yang ditawarkan akan sangat tidak masuk akal, kecuali jika motor ini dijadikan proyek kerjasama BMW dengan TVS yang akan sangat membantu dengan harganya.. Karena dalam poundsterling, jika dirupiahkan akan dipatok sekitar 70 jutaan dan harga itu masih masuk akal.. imho..



Last, BMW memberikan tiga pilihan warna, yakni Cosmic Black, Racing Red dan Pearl White Metallic.. Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Sumber gambar dan informasi : motorcyclenews.com, cycleworld.com

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram