Honda CB1100 RS/EX, Kali Ini Honda Tampil dengan Motor Klasiknya


Kali ini kita akan banyak membahas motor klasik, terutama produksi pabrikan Jepang.. Jika kemarin membahas Kawasaki dengan Estrella dan model W-nya, kali ini kita membahas pabrikan Honda dengan dua model klasik-nya, yakni CB1100 RS dan EX.. Kedua model ini ditujukan untuk target yang berbeda.. Jika kita lihat diatas, itu adalah model EX dengan penampilan pure klasik dengan banyaknya komponen dengan warna krom.. Mulai dari fender, pipa knalpot, pelek hingga panel instrumen.. Sehingga sangat cocok untuk pecinta motor klasik tulen atau yang lebih berumur..







Bandingkan dengan model RS yang menganut basis klasik, tetapi pada berbagai sisi sudah diberikan sentuhan modern.. Penggunaan pelek palang berwarna hitam, banyaknya aksen kuning dan gold pada tabung suspensi depan dan per, serta kaliper rem.. Pada bagian tangki juga dipadu dengan kombinasi 2 warna, merah-abu-abu tua dan hitam-silver..

Untuk lampu sudah menggunakan model LED, depan dan belakang.. Kedua peleknya menggunakan model 17 inci dengan ban berukuran 120 untuk bagian depan dan 180 untuk bagian belakang.. Sedangkan untuk lampu sign-nya berbeda dengan model EX, model RS menggunakan bentuk yang lebih kecil dan sederhana..


Jika dilihat lebih lanjut, maka model RS targetnya menyasar ke arah anak muda atau pecinta motor jenis klasik-modern yang sudah menggabungkan kedua unsur yang berlawanan menjadi sebuah satu produk.. Menggunakan mesin 1140cc berpendingin udara dengan 4 silinder segaris DOHC disalurkan dengan sistem transmisi 6-percepatan yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 66 kW pada 7.500 rpm dan torsi 91 Nm pada 5.500 rpm.. Tangki bahan bakarnya mampu menampung hingga 16,8 liter bensin

Suspensi depan menggunakan ukuran 41mm yang dapat diatur dengan suspensi ganda pada bagian belakang.. Untuk sistem pengereman menggunakan model ganda untuk bagian depan dengan kaliper 4-piston, cakram berukuran 296mm dengan ABS.. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan cakram dengan ukuran sama, satu kaliper yang juga sudah dilengkapi dengan ABS..



Untuk versi EX menggunakan pelek berukuran 18 inci depan-belakang dengan ukuran ban 110/80R pada bagian depan dan 140/70R pada bagian belakang.. Tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni merah, kuning dan putih.. Posisi berkendaranya pun sedikit berbeda dengan model RS dengan posisi lebih tegak dan nyaman pada model EX.. Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Selamat beraktivitas..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram