BMW C90 Concept, Sebuah Motor Konsep Ciptaan BMW dan Roland Sands Design

Minggu ini entah kenapa saya banyak sekali menulis tentang BMW, khususnya dengan model R NineT yang juga belakangan ini modelnya digemari oleh anak muda kekinian yang justru mencari sebuah hal yang klasik, vintage, retro.. Untuk itu saya persembahkan tulisan ini bagi para penyuka aliran tersebur, termasuk saya sendiri.. Kali ini saya ingin membahas sebuah motor konsep yang dikerjakan oleh Roland Sands..

Motor ini merupakan jawaban atas renovasi sebuah motor jadul buatan BMW yang diberi sebutan R90S.. Sebuah motor era 70-an, bermesinkan 898cc, 4-tak dengan 2 silinder berbobot 215 kg dan dapat melaju hingga 200km/j.. Motor ini diproduksi sekitar tahun 1973 hingga 1976..


Bagaimana Roland Sands bisa bekerjasama dengan BMW..? Awalnya ia bertemu dengan orang dari BMW Motorrad bernama Ola 9 tahun yang lalu dan mereka selalu berpikiran untuk membuat proyek bersama.. Roland Sands Design (RSD) sendiri merupakan sebuah perusahaan desain roda dua yang banyak meng-custom dan menjual berbagai macam kebutuhan berkendara, seperti aksesoris dan apparel.. Berhubung dengan pengalamannya yang cukup luas, BMW meminta desain dengan menggunakan tanah liat sebagai modelnya..

Bekerja dengan sebuah perusahaan besar bukanlah hal yang mudah, tetapi BMW memberikan arahan dan bekerjasama dengan RSD untuk mendapatkan hasil final yang sesuai dengan ekspektasi mereka dan ia Roland juga mengatakan semua ini dapat berjalan karena bantuan dari Ola Stengard sehingga proyek ini dapat terlaksana..

Soal desain sendiri, BMW memberikan sketsa inisial yang setelah itu mereka bicarakan bersama hingga adanya kesepakatan yang mereka setujui bersama dan mereka menyukainya.. Sebuah cara kerja yang kolaboratif dengan munculnya sketsa baru dan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi.. Sebagai informasi mereka mengerjakan ini dengan selalu berhubungan dari Amerika ke Jerman dan juga sebaliknya..


Tidak hanya sebagai konsep saja, BMW sudah merealisasikan motor ini dan dengan mesin boxer yang dibawanya, motor ini memiliki torsi dan power yang besar.. Juga melahap tikungan dengan sangat baik, berkat rem dan suspensi yang sesuai meskipun tidak dalam setting-an race..

Roland sendiri mendapatkan pengalaman baru, meskipun tidak mendapat kontrol penuh dalam mendesain, tetapi itu tidak menjadi masalah untuk mereka.. Yang menjadi masalah adalah mengerjakan 20 produk yang biasanya dikerjakan dengan mesin, termasuk roda dan master silinder dirancang, didesain dan dikerjakan dalam waktu dua bulan saja..


Hal baru yang didapatkan dari produk NineT dibanding motor modern saat ini adalah adanya pendekatan BMW ke arah style konsumen.. Sebuah desain tradisional yang terinspirasi dari R90S dan menjadi acuan motor-motor BMW saat ini..

Itulah sedikit dari awal mula munculnya motor ini.. Sekian dan terima kasih..

Artikel dan gambar sepenuhnya bukan milik saya.. Untuk lebih lengkapnya cek di rideapart.com

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram