2017 Kawasaki Versys 250, Motor Adventure Seperempat Liter


Jika di Indonesia saat ini untuk motor 250cc masih didominasi oleh motor fairing dan streetbike, sepertinya untuk tahun ini akan menjadi tahun yang berbeda karena Kawasaki sudah mulai mencari sasaran baru untuk dituju.. Masih dalam kondisi blue ocean dimana pesaing sangat jarang, Kawasaki berusaha memberikan gebrakan baru dengan memunculkan motor adventure dengan kapasitas mesin setara dengan Ninja dan Z250..

Versys 250 itulah sebutannya.. Meskipun pabrikan lain juga sudah memperkenalkan motor dengan jenis yang sama, tetapi ada indikasi bahwa Kawasaki akan membawanya ke tanah air.. Dua pesaing ketatnya berasal dari Honda dan Suzuki dengan CRF250L dan V-Strom 250.. Dengan menggunakan basis mesin yang sama dengan Ninja 250, Versys mengarah ke torsi yang besar ketimbang power-nya mengingat kebutuhannya sebagai motor Adventure..

Dengan menggunakan mesin 250cc DOHC 2 silinder berpendingin cairan dapat dipastikan performanya tidak kalah dengan motor-motor berkubikasi sama..


Sistem percepatannya menggunakan 6 gir dengan pengaturan pendek pada 5 gir pertama dan gir terakhir yang panjang.. Membuat motor ini cukup irit dengan tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 17 liter mampu menempuh jarak hingga 400 km.. Beberapa fitur yang ada pada motor baru ini adalah assist dan slipper clutch yang membuat tarikan kopling lebih ringan, serta membantu pengendalian tenaga saat penurunan gigi..

Untuk spesifikasi lainnya, motor ini menggunakan suspensi teleskopik berukuran 41mm pada bagian depan dan Uni-trak pada bagian belakang yang mendapatkan pengaturan seimbang untuk berbagai kondisi jalan.. Pelek bagian depan berukuran 19 inchi dibungkus dengan ban berukuran 100/90x19 dan pelek belakang 17 inchi dengan ban berukuran 130/80x17..

Terdapat dua pilihan warna Candy Lime Green yang dikombinasikan dengan Metallic Graphite Gray dan Metallic Graphite Gray yang dikombinasikan dengan Flat Ebony, beserta dua pilihan fitur berupa ABS dan non-ABS dengan perkiraan harga 70 hingga 74 jutaan.. Bobotnya mencapai 175kg sudah termasuk dengan material dan cairan yang dibutuhkan agar kendaraan dapat beroperasi..



Untuk panel speedometer sudah menggunakan semi-digital berupa layar LCD multi-fungsi disertai indikator posisi gigi.. Sasis menggunakan model diamond dengan ground clearance 180mm dengan ketinggian jok 815mm dan jarak antar sumbu roda mencapai 145mm.. Terdapat power outlet yang membantu pengendara akan kebutuhan listrik..



Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih.. Sumber gambar dan informasi kawasaki.com dan motorcycle.com

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram