Mengapa Motor Memiliki RPM Lebih Tinggi dibanding Mobil..?

RPM Vixion

Sebuah pertanyaan yang mungkin sempat terbesit di pikiran kita yang cukup membuat kita berpikir dalam, sebenarnya kenapa sih rpm (rotary per minutes) sebuah motor itu rata-rata lebih tinggi dibandingkan mobil pada umumnya..? Jika kita lihat motor-motor seperti Vixion, CB, Satria mampu menembus lebih dari 10.000 rpm, sedangkan pada mobil rpm kebanyakan di bawahnya kisaran 4.000-5.000 rpm untuk mobil harian semacam Innova dan Ertiga dan sekitar 7.000-8.000 rpm pada mobil sport..

RPM Toyota 86

Sebagai penjelasan singkat, Toyota 86 adalah mobil sport kelas entry yang harganya lebih terjangkau dibanding mobil sport pada umumnya.. Sebagai pembanding, bahkan yang notabenenya 'sesama' sport, putaran mesin mobil tidaklah terlalu tinggi.. Beberapa sumber mengatakan, bahwa mobil memiliki berat yang jauh di atas motor, karena itu mobil dirancang memiliki jarak sroke yang lebih panjang.. Dimana stroke yang panjang menghasilkan tarikan yang lebih baik, tetapi karena jarak yang panjang, piston akan membuat sebuah perjalanan naik turun lebih lama dan terbatas dibanding sebuah motor yang memiliki jarak stroke lebih pendek dibanding mobil.. Beban mobil yang begitu berat memaksa para engineer membuat jarak stroke yang panjang untuk mengimbangi tarikan dan bebannya..

Contoh, seorang pelari melakukan lari bolak-balik lapangan seperti gerakan piston, satu kali bolak-balik sama dengan satu kali naik turun piston, tentunya akan lebih sedikit jumlah bolak-balik seorang pelari dengan jarak tempuh satu lapangan basket dibanding setengah lapangan basket, karena itu mobil memiliki putaran lebih sedikit dibanding motor..

Panjang stroke Vixion adalah 57 mm, sedangkan pada Toyota 86 mencapai 86mm.. Bahkan pada Suzuki Ertiga, stroke memiliki panjang 73mm.. Ini menyebabkan putaran mobil lebih sedikit dan rendah.. Seperti itulah kira-kira penjelasan mengapa rpm motor bisa lebih tinggi.. Terima kasih.. Semoga bermanfaat..

Unknown

3 comments:

  1. masak gara2 itu sih min. soalnya ada mobil yg high rev juga kyk honda S2000 bisa 9200rpm strokenya : 84 mm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa alasanya, karena bobot mesin, jika d paksa di ats 9000 rpm di rata2 mesin yg bredar di pasaran maka akan menimbulkan getaran yg akan cepat merusak komponen pada mobil.

      Delete
    2. Klo honda jgn diomongin, mobil sport buatan honda rata2 emang high rev untuk spek naturally aspirated. Itu dikarenakan bahan material dan sistem pendingin yang mumpuni.

      Delete

Instagram