BMW R1200RT, Motor Touring dari BMW


Kemarin kita sudah banyak membahas mengenai motor klasik, adventure dari berbagai merek dan jenis.. Kali ini saya ingin membahas sebuah motor dengan jenis berbeda yang belum pernah saya bahas sebelumnya dan sekarang tertarik untuk mengulasnya.. Disini saya ingin menjelaskan kenapa saya banyak membahas motor-motor dengan kubikasi besar.. Pertama, saya ingin memberikan sesuatu yang berbeda, karena sejauh ini saya melihat sudah banyak blogger di Indonesia yang membahas banyak mengenai perkembangan roda dua di tanah air.. Jadi mungkin saya akan banyak bergelut di roda dua dengan topik-topik seperti ini..

Kedua, saya berharap dengan adanya topik yang berbeda, dapat semakin membuka wawasan dan pengetahuan para pembaca dimana jika kita melihat di Youtube, banyak sekali Vlogger yang sudah mulai menggunakan motor-motor berkubikasi besar dan dengan adanya artikel ini saya harap dapat semakin membantu pembaca mengenal motor-motor tersebut lebih jauh.. Ketiga, sedikit personal, saya ingin mengeksplor dunia roda dua sesuai dengan passion saya disini dan semoga dengan artikel yang saya berikan dapat bermanfaat..

Bukan berarti saya tidak tertarik untuk membahas dunia roda dua tanah air.. Perkembangan motor di Indonesia berada pada titik terang dimana mulai adanya banyak inovasi dan persaingan positif di antara pabrikan-pabrikan.. Penggunaan fitur-fitur kekinian yang sangat berpengaruh terhadap keselamatan pengendara, meskipun tetap ada saja berita buruk yang harus kita terima.. Seperti anak-anak di bawah umur yang mengendarai motor-motor besar dan kecelakaan parah yang terjadi akhir-akhir ini membuat kita resah..

Seperti pepatah yang saya pegang hingga hari ini, saat kita menanam padi, rumput liar terkadang ikut tumbuh.. Tetapi saat kita menanam rumput liar, tidak akan ada padi yang tumbuh.. Seperti kebaikan dan kemajuan yang kita alami sekarang, tentunya tetap ada dampak buruk yang turut serta.. Tetapi itu lebih baik daripada menanam kejahatan, karena tidak akan ada kebaikan yang tumbuh bersamanya..

Oke, sekian sedikit intermezzo dari saya.. Sekarang langsung saja ke bahasan topik, R1200 sebenarnya adalah platform untuk motor besar dari BMW dengan menggunakan mesin boxer yang handal di kelasnya.. Setidaknya terdapat 4 tipe berbeda, yakni R1200R yang merupakan motor roadster, R1200RS yang merupakan model sport, R1200GS untuk model adventure dan R1200RT yang merupakan jenis motor touring..

Polar Metallic

Tersedia dalam 4 warna berbeda dengan satu warna spesial, yakni Polar Metallic dengan warna kebiruan, Ostra Grey Metallic Matt dengan sentuhan abu-abu kecoklatan, Thunder Grey Metallic Matt (warna hitam) dan Thunder Grey Metallic yang dikombinasikan dengan Titanium Seilver Metallic dan Granite Grey Metallic..




Menggunakan mesin flat-twin dengan kapasitas 1170cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 81kW (110 horsepower) pada 7.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 6.000 rpm.. Suspensi depan menggunakan telelever berdiameter 35mm dan bagian belakang menggunakan model Paralever dengan lengan ayun satu sisi yang dapat diatur dan pelek 17 inci depan dan belakang dengan ukuran ban depan 120/70 ZR 17 dan bagian belakang 180/55 ZR 17..

Untuk piranti pengereman menggunakan cakram ganda berukuran 320mm dengan kaliper 4-piston dan model tunggal ukuran cakram 265mm dengan kaliper piston ganda.. Juga sudah dilengkapi dengan BMW Motorrad Integral ABS sebagai standar keselamatan.. Dengan besarnya dimensi motor ini, berat basahnya mencapai 259 kg..

Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan selamat beristirahat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram