Satria FU, Honda Sonic, Jupiter MX-King, siapakah juaranya..? Part 1

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengoprek komparasi motor ayago yang saat ini sedang hot. Siapa lagi kalo bukan ketiga ksatria, Satria FU, Honda Sonic dan Jupiter MX-King..


Dari segi desain setiap motor memiliki ciri khas masing-masing, meskipun satria fu dan sonic memiliki bentuk yang serupa, tapi sebenarnya mereka tak sama. Menggunakan pelek berjari 5 dengan dua cabang pada setiap jarinya. Warna pelek pada setiap edisi pun patut diapresiasi, secara Suzuki berani tampil beda dengan pelek berwarna hitam, merah dan juga Orange-gold. Pada new Sonic, juga mengadopsi jari dengan dua cabang, sedangkan jari-jarinya adalah enam. Pada MX King, pelek berjari lima dengan dua garis kokoh dan panjang pada setiap jarinya.


Untuk desain dari samping, tentu saja nyaris sama antara satria dan sonic. Satu hal yang menjadi catatan penting pembedanya adalah suzuki terkesan lebih berani dan tidak ada toleransi dalam mendesain striping produk andalannya.. wajar saja, ini baru merupakan awal brojolnya produk satu ini, masih banyak yang perlu dilakukan untuk menggoyahkan pangsa pasar yang saat ini masih dipegang oleh suzuki. Untuk MX King, desain benar-benar berbeda.. Yang menjadi poin plus, motor ini terlihat lebih gambot dari pesaing-pesaingnya. Oleh karena itu, MX King dapat direkomendasikan untuk mereka yang senang motor dengan ukuran lebih berisi.


pada bagian headlamp, ketiga motor memiliki perangai yang berbeda-beda, ada MX King yang terkesan gentle dan cool, Honda Sonic yang terkesan agresif dan futuristik, serta juga Satria yang dinamis dan menantang.

Untuk bagian belakang, sayangnya honda masih belum mengeluarkan segenap kemampuannya, lampu masih terkesan kotak dan kaku, meskipun sudah melancip imho.. tidak seperti satria fu yang lebih terkesan manis, namun desainnya sudah mulai termakan umur.. sedangkan untuk yamaha, cukup memberikan desain yang apik dan cukup modern.. selain itu, bentuknya yang runcing tetap menjadi sorotan, dimana desain tersebut terkesan menarik yang sudah menjadi DNA Yamaha membuat buritan dengan bentuk lancip..

Dan sepertinya jawara kita kali ini jatuh ke pihak yamaha sebagai pemenangnya.. penampilan baru yang out of the box, membuat ayago dari bebek asli dengan desain yang futuristik, spakbor gantung, ban gambot dan body berisi berhasil menciptakan image baru akan sebuah ayago yang tidak lagi kecil dan (maaf) kerempeng.. jawara kedua masih tetap sang ksatria, satria FU yang pasarnya sudah lama tidak tergoyahkan, tetapi kemenangan ini belumlah final, para kompetitor sudah mulai menghadang.. untuk itu satria perlu berbenah diri untuk menghadapi goncangan-goncangan singgasananya, tetapi desain saja tidak cukup.. untuk itu tunggu postingan selanjutnya mengenai mesin dan performa serta fitur-fitur pada ketiga motor ini.. siapa yang lebih unggul.. tunggu kelanjutannya..!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram