Suzuki GSX-S1000, Sang Naked Sport dari Suzuki


Belakangan ini santer diberitakan kemunculan sebuah Suzuki GSX model fairing yang sedang diuji tes oleh pabrikan meskipun pihak Suzuki belum memberikan konfirmasi akan hal itu.. Berhubung sedang hangat-hangatnya berita ini, yuk kita bahas moge andalan Suzuki di kelas 1000cc versi naked-nya, yakni Suzuki GSX-S1000 yang memang secara fisik saya tidak menemukan sesuatu yang spesial, tetapi terdapat beberapa diferensiasi dengan motor pabrikan lain yang sejenis..

Seperti pelek 3 palang dengan 2 cabang pada setiap palan, desain knalpot model pendek yang memang terlihat menarik dan headlight seperti capit pada semut di bagian bawahnya.. Dari model mengarah ke model streetfighter dengan tangki besar dan buntut pendek.. Selain itu, ternyata Suzuki adalah pabrikan yang baru belakangan ini mengeluarkan versi naked dari model fairng yang mereka ciptakan, yakni GSX-R1000 dimana langkah ini sudah dilakukan pabrikan-pabrikan lainnya sejak awal..


Kabar lainnya mengatakan motor ini tidak menggunakan mesin GSX-R1000 saat ini, tapi masih menggunakan mesi GSX-R1000 tahun 2005.. Tetapi jangan dianggap enteng karena mesin ini adalah legenda dimana memenagkan World Super Bike tahun 2005 oleh Troy Cosser.. Mesin ini sedikit dijinakkan power-nya menjadi 144 bhp (107 kW) dan dengan pengorbanan ini, torsi pada putaran menengah ke atas meningkat..

Dengan berat 210 kg, termasuk mesinnya yang berkubikasi 999cc 4 silinder segaris, membuatnya tergolong ringan.. Padahal mesin GSX-R1000 yang disebut K5 ini dikenal dengan 'long stroke'-nya yang berarti Suzuki menekankan pada tarikan bukan kecepatan.. Dengan menggunakan fork suspensi KYB ukuran 43cm yang dapat diatur pada tingkat rebound dan kompresi sesuai dengan keinginan Anda..




Dibekali pengereman radial 4 piston kaliper Brembo, selain itu terdapat 4 pengaturan traksi, termasuk off sehingga Anda dapat mengetahui tarikan aslinya.. Dan selama 30 tahun Suzuki telah menangani GSX-R, mesin GSX-R1000 2005 yang dikenal dengan nama K5 merupakan favorit konsumen.. Dengan desain kepala silinder dan katup yang baru, lubang intake dan exhaust model baru, piston yang lebih ringan dan tambahan teknologi injeksi, 6 percepatan, sudah cukup untuk menjadikannya raja jalanan..

Tenaga 107 kW pada 11.100 rpm dan torsi 104 Nm pada 7.700 rpm-nya membuatnya memiliki akselerasi ganas.. Menggunakan sasis twin-spar terbuat dari aluminium membantu meringankan bobotnya.. Dengan body besarnya, maka Suzuki pun menggunakan karet bundar dengan ukuran 120/70 R17 pada bagian depan dan 190/50 R17 untuk bagian belakang..

Untuk mempercantik motor ini, Suzuki mengeluarkan Special Edition dari Yoshimura dengan kombinasi warna abu-abu dan merah yang kontras dengan knalpot Yoshimura R11 dan stiker ban dengan warna merah yang semakin memperkuat aura sporty-nya.. Sayangnya, dari harga tertera adalah versi non-ABS, sedikit lebih mahal, yakni $14.000 atau sekitar 182 jutaan..



Itulah yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram