Honda CX-02 Akankah Diproduksi Massal..?



Pada awal tahun lalu, Honda India sempat memamerkan motor konsep yang futuristik, yakni Honda CX-02 yang tampil menawan dengan wana merah Vermillion (keoranyean) dikombinasikan dengan warna silver yang elegan.. Sebelum kemunculan versi 02, Honda sebelumnya telah melepas desain konsep CX-01 yang memiliki beberapa kesamaan dengan versi keduanya..

Versi kedua lebih terlihat seperti motor touring yang memiliki stang kemudi yang lebih tinggi sehingga nyaman digunakan saat perjalanan jauh.. Selain itu, versi 02 ini juga telah dipamerkan pada Auto Expo 2016 yang dilakasanakan pada awal tahun ini.. Berhubung motor ini masih dalam proses konsep, maka dikabarkan motor ini akan segera dirilis versi massalnya..


Seperti kebiasaan pabrikan, motor konsep adalah sebuah bayangan bagaimana desain awal motor ini.. Meskipun pada akhirnya akan berbeda dengan produksi massal, tetapi biasanya ada beberapa kemiripan secara keseluruhan dengan tidak menutup kemungkinan ada bagian yang berbeda dari model purwarupa.. Dari desain yang saya lihat, CX-02 memiliki tangki besar (untuk perjalanan jauh), lampu yang menyatu dengan tangki dan windshield yang akan melindungi rider dari kemungkinan debu dan benda asing yang terbang menuju bagian kepala rider, juga mengurangi terpaan angin berlebih saat berkendara..


Sekilas melihat motor ini jadi terbayang motor BMW R1200GS yang memang secara jenis sama, yakni motor touring dengan segala kelebihannya.. Dengan lampu depan yang masih sedarah dengan CB150R 2016, terasa sekali konsep masa depan dengan lampu LED dan daytime running light yang banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan sekarang ini.. Tidak tanggung-tanggung untuk lampu jauh dan dekat, serta kedua DRL-nya, semuanya sudah LED..


CX-02 sendiri adalah singkatan dari Concept Cross (X dapat dibaca cross atau silang) 02 yang merupakan model kedua yang dikeluarkan oleh HRID dari India.. Dengan kemampuan menjelajahnya yang diharuskan untuk medan yang jauh, maka Honda menanamkan mesin 2 silinder segaris dengan sistem pendingin cairan..


Selain itu, ada juga beberapa kelebihan lainnya seperti semi-fairing yang menjadi satu dengan tangki bahan bakar, suspensi USD, rem cakram kaliper Nissin beserta ABS, pelindung mesin, jok terpisah, frame belakang aluminium, tyre hugger untuk mencegah cipratan lumpur, lampu belakang LED yang berbentuk seperti huruf H, digital konsol dengan multi-colour pada bagian speedometer, knalpot dengan dua lubang, pelindung tangan dengan lampu sign dan ban Avon Distanzia ukuran 120/70-R17 pada bagian depan dan ukuran 160/60-R17 pada bagian belakang untuk kemampuan berkendara di dua medan, on dan off-road..


Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram