Kawasaki ZX-10R dari Waktu ke Waktu


Sebenarnya, jika kita ingin membahas perkembangan Kawasaki Ninja ZX-10R akan cukup panjang, terutama jika kita membahas mengenai pendahulu-pendahulunya yang pada saat itu bahkan nama inisial ZX belum ada.. Oke kita bahas saja dari pendahulu terakhir dari ZX-10R, yakni ZX-9R dengan bentuk seperti di bawah dan memiliki kapasitas mesin 899cc dengan tenaga sebesar 105 kW pada 11.000 rpm dan 101 Nm pada 11.000 rpm yang sangat galak dikelasnya..

2004 Kawasaki ZX-9R

Lanjut ke bahasan, kali ini kita akan membahas motor Kawasaki sport performance 1000cc mulai dari model terlamanya, yakni Kawasaki  Ninja ZX-10R 2006 yang tetap mempertahankan modelnya, tetapi tetap ada perubahan di bagian lampu, letak knalpot dan sebagainya.. Letak knalpot yang diatas itu diklaim menambah berat motor ini sebanyak 5 kg..


Pada 2008, Kawasaki kembali melakukan penyegaran terhadap jagoannya dengan memberikan desain yang lebih agresif akibat dari minimnya bentuk dinamis pada desain lampu, namun tetap kaku dan tajam pada bagian ujung-ujungnya.. Dan seperti siklus tren yang terkadang berulang, begitu pula dengan desain knalpot pada ZX-10R yang akhirnya kembali menggunakan model pada umumnya..


Pada akhirnya, 2010 lalu Kawasaki kembali meluncurkan versi facelift dari Kawasaki ZX-10R.. Versi ini memberikan tampilan yang lebih cantik.. Dengan kombinasi antara garis dinamis dan kaku yang menciptakan sebuah karya seni, seperti pada ZX-10R di bawah.. Jika Anda lihat, maka terlihat air scoop yang cukup besar untuk sistem pendinginan..


Dan pada gambar di bawah adalah model baru Kawasaki ZX-10R, khususnya pada bagian lampu, ada kemiripan dengan adiknya, yakni Kawasaki Ninja ZX-25R.. Desain agresif yang mulai menyatu dengan body membuat motor ini cukup digemari.. Karena selain desain, performa yang dimilikinya pun mengejutkan.. Sudah ditanamkannya kontrol traksi dan juga adanya sistem pengereman ABS membuatnya semakin terlihat advance..
Tenaga liar sebesar 210 HP (156 kW) pada 13.000 rpm yang dilengkapi launch control, quick shifter, engine brake control dan juga cornering ABS.. Desain yang diberikan kembali pada awal-awal kemunculan ZX-10R dimana terjadi perubahan dari tajam ke semi dinamis seperti pada headlight, meskipun desain sudah lebih terlihat menyatu.. Semoga saja, dengan kendaraan terbarunya, semakin mendekatkan mereka menjadi produsen kendaraan roda dua yang terkenal dengan kualitas produk dan kekuatannya di lintasan maupun di jalanan..


Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram