Moto Gymkhana, Arena Bermain Para Bikers..


Pernah mendengar yang namanya Gymkhana..? Permainan ini merupakan kombinasi dari kecepatan dan catatan waktu yang harus ditempuh dengan melewati berbagai rintangan seperti cones, ban dan tong-tong yang dibentuk sedemikian rupa dengan membutuhkan manuver-manuver untuk melewati putaran 180 derajat, 360 derajat, kotak parkir, angka 8 dan berbagai teknik tingkat lanjut lainnya.. Seperti melakukan slalom, ternyata Gymkhana juga membutuhkan berbagai macam teknik mengemudi dari yang membutuhkan grip dan cengkeraman yang baik hingga menggunakan eknik drift..

Kelincahan pengendara dalam melewati rintangan sangat dibutuhkan, kombinasi dari akselerasi pengereman, drifting dan cengkeraman yang sangat dibutuhkan.. Kontrol terhadap kendaraan juga berpengaruh besar ditambah latihan yang mengasah ingatan dan konsentrasi..


Hal ini tidaklah mudah karena jarak antar cone sangatlah sempit, disamping motor yang digunakan adalah motor-motor besar, tidak seperti yang digunakan saat tes untuk mendapatkan lisensi berkendara.. Beban motor yang besar ditambah counter ke kiri dan kanan dan juga karena mengejar waktu tercepat, maka mereka pun juga harus cepat..

Tidak heran banyak yang jatuh karena kehilangan grip (cengkeraman) ban, kehilangan kendali saat meng-counter dan lain sebagainya.. Video di atas merupakan salah satu ajang time attack (catatan waktu) Gymkhana dimana mereka berebut menorehkan waktu tercepat pada trek yang sempit dan penuh tikungan itu..

Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram