Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Mesin 2 tak

Setelah kemarin kita membahas mengenai emisi gas buang kendaraan bermotor yang sudah mulai meningkat sehingga mesin 2 tak sudah tidak lagi memenuhi kriteria, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan cara kerja mesin dengan 2 langkah dan 4 langkah yang memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing..

Meskipun sudah mulai dihentikan peredarannya, tetapi sebagai ilmu pengetahuan tidak ada salahnya kita membahas hal ini.. Mesin 2 tak memang terkenal dengan performanya yang mumpuni sehingga bila disandingkan dengan mesin 4 tak dengan kubikasi mesin sama, 2 tak masih dapat mengungguli.. cmiiw.. Selain hal itu, performanya yang terkenal garang dikarenakan pada mesin 2 tak hanya dibutuhkan 2 langkah kerja dan power sudah dapat dihasilkan, sedangkan pada mesin 4 langkah dibutuhkan 2 ekstra langkah untuk menghasilkan tenaga..


Meskipun begitu mesin 2 tak menghasilkan emisi lebih banyak dan lebih boros bahan bakar karena kerjanya yang lebih cepat sehingga dalam 2 langkah saja, mesin sudah menyemburkan bahan bakar dan pada 4 tak dalam 4 langkah baru menyemburkan bahan bakar sekali.. Kekurangan lainnya, dengan cara kerja lebih cepat, maka pembuangan pun lebih banyak..

Oke, meskipun berbeda secara jumlah langkah, tetapi 4 hal ini merupakan prosesnya, intake (penyerapan udara), compression (penekanan), combustion (pembakaran) dan exhaust (pembuangan).. Bedanya pada mesin 2 tak, satu langkah ke bawah sudah melakukan 2 proses sekaligus dimana saat piston mengarah ke atas, piston melakukan compression dan juga intake (penyerapan udara), sedangkan saat terjadi ledakan/pembakaran (piston menjadi ke bawah) dan membuka lubang exhaust sehingga langsung hasil pembakaran langsung terbuang..

2 tak

Pada mesin 4 tak, setiap langkah dilakukan sendiri-sendiri, gerakan intake saat piston ke bawah (katup udara terbuka agar udara masuk), kemudian piston naik untuk menekan (compress), terjadi ledakan/pembakaran yang mendorong piston ke bawah, saat piston kembali naik katup pembuangan (exhaust) terbuka dan hasil pembakaran keluar..

4 tak

Memang cukup membingungkan, tetapi jika Anda mencoba memahaminya, maka seperti puzzle yang telah ditemukan letaknya, semua akan menjadi sebuah gambaran utuh dan pemahaman Anda akan cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak menjadi jelas.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram