BMW Kembali Menghidupkan Motor Mesin 6 Silinder dengan Konsep Cafe Racer


BMW yang terus berinovasi dan memiliki slogan 'memprediksi masa depan dengan menciptakannya' memang serius untuk terus mengembangkan kendaraan-kendaraan konsep yang mengundang decak kagum dengan produk-produknya yang memang futuristik dan canggih.. Kali ini, untuk menghidupkan kembali motor bermesinkan 6 silinder, BMW menciptakan motor berkonsepkan cafe racer yang fenomenal.. Bagaimana tidak..? Motor 6 silinder memang pernah diproduksi massal seperti Benelli 900 Sei, Honda CBX dan Kawasaki KZ1300 yang sekarang sudah sangat tua..

Itulah titik yang ingin digali lagi oleh BMW.. Dengan julukan 'Concept 6', motor ini akan menggunakan mesin 1.600cc dengan mesin lebih pipih 10cm dari motor 6 silinder segaris yang pernah ada sebelumnya.. Ini menjadi permasalahan baru dimana power mesin terpotong oleh beban mesin yang berat dan karena dibuat segaris dibandingkan konfigurasi V yang lebih hemat tempat dan juga titik gravitasi yang meluas dan membuat pengendalian menjadi masalah..


Seperti dapat dilihat pada gambar di atas, motor ini tidak terlalu lebar, meskipun dengan mesin 6 silinder sejajar.. Ini dikarenakan mesin dibuat agak oversquare dengan ukuran bore sedikit lebih besar dibanding ukuran stroke dan meskipun begitu stroke juga tidak terlalu pendek. Dan kapabilitasnya mencapai 130Nm untuk torsinya dari 2.000 rpm hingga 9.000 rpm.. Dengan mesin yang berkapasitas besar tersebut, BMW juga memasangkan rem dengan ukuran besar dan kaliper 6 piston..

Pengurangan lebar juga disebabkan jarak antar silinder yang pendek dan juga pemindahan komponen elektrik dan penggerak ke bagian belakang crankshaft, di ruang kosong atas transmisi.. Dengan konstruksi teknologi tinggi yang ringan pada berbagai area.. Konfigurasi dan layout mesin yang baik, membuatnya tidak membutuhkan balance shaft dan beberapa elemen penggerak sehingga kembali ke konsep awal dimana BMW berusaha menurunkan beban dan meningkatkan kehalusan saat berkendara.

Layout mesinnya mengikuti K-series yang merupakan motor naked dari BMW dengan silinder mesin dimiringkan sebanyak 55 derajat.. Untuk merendahkan titik gravitasi dan juga sebagai penyeimbang dalam segala kondisi dan meningkatkan presisi berkendara, juga posisi intake manifold yang lebih aerodinamis..

Meskipun begitu output mesinnya tidak setara dengan mesin 4 silinder, 1.3 liter dari BMW.. Tetapi untuk torsi tergolong superior dengan kapabilitas melampaui motor dengan kapasitas mesin yang sama.. Meskipun begitu, BMW berusaha menciptakan motor powerful, namun juga ramah lingkungan.. Penggunaan teknologi E-gas (ride-by-wire) yang mengoptimalkan kemampuan mesin dengan penggunaan bahan bakar sesedikit mungkin..



Desainnya menggabungkan keklasikan dengan style yang modern dan jika dilihat pada bagian belakangnya, BMW berusaha memunculkan desain sebuah Cafe Racer.. Bertenaga sekaligus maskulin.. Split Face adalah desain khas BMW yang berarti wajah terpisah dengan lampu utama LED berada ditengah, memisahkan bagian kiri dan kanan.. Tangki pun terbuat dari carbon fiber.. Bagian lainnya yang radikal adalah knalpot dengan 6 lubang, 3 pada setiap sisi..

Tidak lupa, meskipun motor ini diperkenalkan 2012 lalu, tetapi sudah menggunakan layar LED dan tombol engine starter yang tergolong canggih..



Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram