Olahraga..? Manfaatnya Berlipat-lipat Lho!


Sebagai sharing saja pengalaman saya dalam berolahraga. Saya sendiri tergolong orang yang memiliki badan yang kurang proposional, skinny fat istilahnya, artinya badan kurus masih menimbun lemak pula. Ini membuat saya begitu lemah, stamina cepat habis, power pun kurang karena otot kecil ditambah beban lemak.

Dari SMA, saya sudah mulai fitness dan melakukan hal lainnya untuk segera mendapat badan yang proposional. Cara makan yang salah ternyata berpengaruh pada pembentukan tubuh saya. Badan membesar, tetapi lemak pun bertambah sehingga tetap saja memperberat aktivitas saya.

Akhirnya sejak 1-2 bulan yang lalu saya mulai melakukan diet. Dari yang awalnya memiliki berat sekitar 75kg dengan tinggi 176cm. Persentasi lemak saya sekitar 25% dari berat total saya. Ini berarti saya memendam lemak sekitar 19kg. Bayangkan saja dengan berat seperti itu, saya menggunakan tubuh untuk gerakan yang membutuhkan kelincahan seperti pada capoeira. Alhasil, saya mudah sekali cedera, terutama pada bagian kaki.

Akibat tugas kuliah yang menumpuk, berat badan saya kembali turun menjadi 66kg. Masih dengan lemak yang banyak. Melakukan handstand begitu berat meski hanya dalam hitungan 10 detik.

Akhirnya saya memutuskan untuk mulai berolahraga sederhana seperti push-up dan sit-up, serta pull-up di rumah. Setiap hari secara konsisten saja, tidak perlu tergesa-gesa dan mematok target yang terlalu tinggi. Makin hari saya semakin terbiasa dan saya mulai menambah sedikit demi sedikit jadwal berolahraga saya.


Setelah saya merasa olahraga di rumah cukup, saya mulai pergi ke gym, hanya untuk mengisi waktu luang saja. Tidak ada target atau harapan yang terlalu tinggi. Just do it! Akhirnya saya mulai mengurangi porsi makan saya, tetapi saya tetap membebaskan diri saya makan apa yang saya mau hanya saja agak dibatasi.

Setelah itu saya mulai rajin ke gym dengan patokan waktu tidak terlalu lama, 45 menit sampai 1 jam saja secara konsisten. Akhirnya setelah 1 bulan, saya berhasil mengurangi berat sekitar 3,5kg dengan penambahan massa otot. Sekarang saya pun merasakan dampaknya, kelincahan dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Sakit pada kepala, leher mulai berkurang. Hehe..

Dan ada satu teori yang mengasyikkan, seperti menabung di bank, mendapat bonus ini dan itu. Tips bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan, makan secukupnya! Jika Anda harus berolahraga dengan perut kosong, tidak apa-apa. Dengan keadaan tersebut, maka tubuh dipaksa untuk menggunakan cadangan energi yaitu dari lemak dan gula dalam tubuh kita dan akan mempermudah kita mengurangi berat badan.

Nah, setelah itu olahraga yang Anda kerjakan akan menambah massa otot Anda. Ini berarti metabolisme Anda akan diperbaiki, semakin baik metabolisme Anda, makanan yang Anda makan akan ditujukan lebih ke otot Anda dibanding disimpan menjadi lemak. Sekarang jelaskan kenapa berolahraga itu asyik! Cheers! Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram