Ban Dual Compound.. Apaan tuh?



Hari ini ngga tau kenapa bahan yang kepikiran ban terus. Oke deh, semoga ngga bosen.. Kali ini saya mau membahas mengenai ban dual compound. Apa sih itu ban dual compound ?

Ban dual compound adalah ban dengan dua material pada ban-nya yang biasanya bagian tengahnya jauh lebih keras dibanding bagian sisi-sisi bannya. Pada gambar di atas hard compound ada pada bagian berwarna oranye, sedangkan soft compound ada pada bagian berwarna kuning. Ban tipe seperti ini banyak digunakan oleh para pembalap motogp. Adalah pabrikan Bridgestone yang pertama kali menciptakan ban ini khusus untuk motor jalanan pada tahun 1988. Bridgestone menggunakan nama Battlax sebagai ban yang diproduksi khusus untuk motor.



Kenapa ban tipe ini memiliki kemampuan yang baik? Ini disebabkan campuran kedua compound bahan. Bagian keras di tengah diperuntukkan agar mempercepat akselerasi dan juga pengereman, sedangkan bagian sisi-sisi dibuat lunak agar dapat mencengkeram aspal saat cornering atau menikung. Ban tipe ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai performa di jalanan umum.

Nah, tiga perusahaan yang sudah memasarkan ban tipe ini adalah Michelin dengan Pilot Road dan Pilot Power, Battlax dengan Hypersport, Dunlop dengan Roadsmart. Di samping itu juga ada pabrikan lainnya seperti Metzeler, Pirelli dan Avon. Masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram