Kelebihan dan Kekurangan dari Perbedaan Tekanan Ban



Pada kali ini saya ingin membahas mengenai kelebihan dan kekurangan antara penggunaan ban dengan tekanan yang rendah dan tinggi. Tekanan ban rendah maksud saya disini adalah ban dalam keadaan mulai kekurangan udara atau biasa kita sebut kempes. Sedangkan ban dengan tekanan tinggi adalah ban yang baru saja diisi.

Sebenarnya ban dengan tekanan rendah tidaklah buruk. Begitu pula dengan ban bertekanan tinggi bukan berarti baik. Dua hal ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.



Ban bertekanan rendah sangat cocok saat melewati jalan yang tidak rata karena struktur ban menjadi lemas sehingga dapat meredam jalan yang tidak rata. Tangan pun tidak cepat lelah karena getaran berlebihan. Kelebihan lainnya grip atau cengkraman ban yang lebih baik karena lebih banyak permukaan ban yang menempel pada aspal.






Kelemahan utama ban dengan tekanan rendah adalah berat. Ban yang agak kempes akan memperberat motor dan akan berpengaruh pada akselerasi dan pencapaian top speed dari motor. Kelemahan lainnya adalah karena membutuhkan tenaga lebih, maka konsumsi bbm akan lebih boros.









Sekarang untuk motor dengan tekanan ban tinggi, kebalikan dari ban bertekanan rendah cocok untuk jalanan rata, tarikan lebih nampol, top speed lebih mudah diraih dan bahan bakar lebih efisien. Nah, kelemahannya di saat jalan licin, hujan, maka cengkraman akan berkurang. Sekian. Semoga bermanfaat and happy Monday!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram