Jenis-jenis Kendaraan Roda Dua (Part I)



Sebagai salah satu bentuk kendaraan yang efisien, motor memiliki berbagai macam jenis. Terdiri dari dua kategori street dan off-road. Motor dibagi menjadi 8 jenis.

  • Standard
 Motor standar adalah tipe motor untuk umum dengan ciri-ciri posisi duduk tegak dan berada di tengah-tengah antara motor cruiser yang mengharuskan rider-nya tegak dan motor sport yang mengharuskan rider-nya untuk menunduk. Posisi stang cukup tinggi, tanpa fairing atau windshield. Jika ada pun dibuat kecil.

Honda CB500R

  • Cruiser
Pertama kali diciptakan oleh orang Amerika dengan menelurkan produk Harley Davidson, Indian dan Excelsior-Henderson dengan mesin berkonfigurasi V-twin. Ciri-ciri lainnya adalah posisi mengemudi dengan kaki berada di depan dan posisi stang tinggi sehingga badan sedikit menyender ke belakang. Posisi mengendarai cukup tergolong nyaman. Hanya saja untuk jarak jauh akan cukup lelah di bagian tangan karena menahan terpaan angin ke arah pengemudi. Kekurangan lainnya adalah kesulitan saat berbelok karena jarak ketinggian motor dengan tanah yang cukup rendah.


Indian Chief Dark Horse

  • Sport Bike
Motor yang mendahulukan kecepatan, pengendalian dan akselerasi dengan mengurangi tingkat kenyamanan dan konsumsi bbm sebagai timbal baliknya. Biasanya memiliki fairing dan windshield yang membantu memperlancar aliran angin. Posisi sedikit menunduk dengan foot peg atau pedal kaki yang cukup tinggi.

Ducati 848 Evo

  • Touring
 Motor yang diposisikan untuk perjalanan jarak jauh dengan posisi duduk yang nyaman dan santai. Terdapat fairing besar untuk melindungi dari terpaan angin dengan kapasitas tangki bensin yang besar. Dengan berat sekitar 390-410 kg.

Harley Davidson Road Glide

Sekian dulu untuk part pertama, disambung lagi nanti untuk part kedua.. Peace!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram