Mid-ship Muffler, Bukan Hanya Sekedar Penampilan


Selamat malam! Lagi pada ngapain nih..? hehe.. Malam ini saya ingin membahas salah satu jenis muffler yang sedang ngetren, yakni midship muffler. Udah pada tau kan, midship muffler adalah salah satu jenis muffler dengan bagian ujung pendek dan berisi. Beberapa contoh motor yang sudah menggunakan muffler tipe ini adalah Byson / FZ-16 di India, MV Agusta, Kawasaki Z1000 dan juga motor Suzuki yang baru-baru ini diperkenalkan, yakni Gixxer 155.

Meskipun secara penampilan mampu mendongkrak bagian luar dari kendaraan roda dua dengan bentuknya yang berisi, ternyata ngga cuma sekedar itu aja loh brosis. Kenapa disebut mid-ship karena letaknya yang berada di tengah-tengah mesin yang menjanjikan pengendalian dan torsi yang lebih baik.

Logikanya seperti ini, muffler adalah salah satu bagian dari kendaraan yang tergolong berat. Untuk itu, meletakkannya di daerah mesin akan membuat center of gravity atau titik pusat gravitasi yang lebih baik karena pusat berat menyatu di daerah mesin. Sebaliknya jika muffler tipe konvensional akan membuat titik gravitasi menyebar ke belakang. Nah, ini semua berpengaruh pada pengendalian dan kelincahan kendaraan.
Kira-kira seperti itulah manfaat dari desain midship muffler. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram