Olahraga dan Bela Diri Capoeira.. Asik lho..!!


Kali ini sebagai refreshment kita membahas hal di luar roda dua. Sebagai pengendara roda dua yang aktif, perlu juga dong olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kita agar fit tidak hanya saat bekerja, tetapi juga saat berkendara jarak jauh. Di samping itu dibutuhkan juga self-defense yang baik, jika suatu saat mengalami situasi genting kita sudah memiliki kepercayaan diri.

Di sini saya ingin membahas manfaat apa saja dari bela diri yang sudah saya jalani selama 1,5 tahun ini. Pertama, saya belajar ketenangan, salah satu grup Capoeira yang saya ikuti CDO (Cordao de Ouro) diajarkan oleh Mestre bahwa yang penting dalam bela diri adalah ketenangan, belajar dari ular. Hewan yang satu ini begitu tenang bergerak ke kanan ke kiri. Begitu musuh lengah, satu kali 'gigitan bisa' mampu melumpuhkan lawan.

Kedua, respect terhadap sesama, setiap kali kita masuk ke dalam lingkaran untuk 'bermain' kita diharuskan meminta ijin terlebih dahulu kepada pemain musik. Mereka mengijinkan, kita dapat bermain. Setelah selesai kita diharuskan bersalaman atau memeluk lawan bermain kita. Ini sebagai wujud persaudaraan yang baik untuk diteladankan.






Ketiga, fun! Di dalam Capoeira kita bermain, bernyanyi dan menari. Segala tindakan diwujudkan untuk membawa kita ke suasana untuk bermain sehingga tindakan menghabisi lawan bermain diminimalisir di sini. Selain itu gerakan akrobatik dan unik dihadirkan di sini untuk membentuk tubuh yang lincah dan enerjik. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram