Fungsi dari Slippery Clutch


Seperti yang sudah saya janjikan kemarin, hari ini saya ingin membahas slippery clutch. Pada bingung ngga nih sama teknologi satu ini.. hehe.. Sama seperti saya dulu pertama kali mendengar slippery clutch, saya pun bertanya-tanya apa sih fungsinya.

Sekarang akan saya jelaskan, slippery clutch adalah salah satu teknologi pada kopling yang mencegah ban terkunci akibat downshifting atau penurunan gigi yang salah. Yang saya maksudkan salah di sini adalah ketika putaran mesin masih cukup tinggi, tetapi tetap dipaksakan untuk diturunkan. Nah, posisi yang salah ini menyebabkan mesin tersangkut dan ban terkunci. Ini berbahaya karena motor bisa hilang kendali.


Oleh karena itu pabrikan menciptakan slippery clutch atau kopling yang licin. Nah, efek dari slippery clutch ini membuat motor lebih halus saat downshift pada keadaan yang kurang tepat seperti yang saya sebutkan di atas.

Nah, biasanya kita menggunakan downshifts secara berlebihan diakibatkan karena rem dadakan akibat ada halangan di depan. Downshifts akan menciptakan engine brake sesuai yang kita inginkan. Di sini agan-agan bisa milih deh, kalo mau engine brake yang sedikit kasar tetapi lebih pakem tidak usah menggunakan slippery clutch, tetepi kalo agan-agan lebih suka kestabilan, tetapi dengan mengorbankan sepersekian detik dari pengereman, saya sarankan menggunakan slippery clutch. :D Terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram