Perbedaan Pada R15 Versi Pertama dan Kedua


Seperti yang saya janjikan kemarin, hari ini saya akan membahas perbedaan apa saja yang ada pada R15 versi pertama dan kedua. Mendapatkan sumber dari iamabiker.com, saya baru mengerti ternyata ada perbedaan yang cukup mencolok pada kedua versi. Langsung aja deh..


  • Perbedaan wheelbase dari yang semula 1290mm menjadi 1345mm
  • Seat height menjadi lebih tinggi, dari yang semula 790mm menjadi 800mm
  • Meskipun wheelbase menjadi lebih panjang, tetapi panjang keseluruhan dari motor berkurang, dari yang awalnya 1995mm menjadi 1970mm
  • Perubahan berikutnya ada pada radius rem cakram belakang yang membesar menjadi 220mm
  • Ukuran ban belakang pun berubah menjadi 130/70 dari yang awalnya 90/80
  • Akibat dari pembesaran beberapa bagian dari motor, berat total pun bertambah 5kg menjadi 136kg
  • Perubahan ukup besar pada beberapa sektor memaksa pengaturan ulang ECU untuk performa yang lebih baik
  • Swing arm alumunium yang lebih panjang
  • Sprocket atau gear pada rantai belakang baru
  • Lampu belakang LED
  • Desain ulang bagian tengah hingga buntut yang membuat R15 versi kedua ini lebih sedap dipandang
  • Upgrade pada bagian kopling dan gas
  • Pelek model baru
  • Tidak pula ketinggalan model knalpot yang sudah diperbaharui
  • Klakson model twin yang menghasilkan suara lebih keras
  • Sedikit kaca film pada bagian visor
  • dan yang terakhir jok double seater dengan model terpisah
Jika dari analisa saya sendiri, ada beberapa tambahan perubahan seperti rear fender, sediikt perubahan pada fairing beserta posisi turn signal yang lebih ke bawah dan penambahan tire hugger pada versi kedua. Jika dilihat secara lebih dalam, versi kedua memang lebih jos dengan tambahan fitur-fitur yang membuat mata tidak bisa lepas dari sosok R15. Kira-kira itulah perubahan-perubahan yang ada pada R15 versi kedua. Sekian. Semoga bermanfaat..!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram