2017 Yamaha R6 Tampil Agresif dengan Penampilan ala R1M


Yamaha akhirnya meluncurkan versi terbaru dari R6 yang tampil dengan desain yang sangat agresif dan membawa darah dari kakaknya, R1M.. Meskipun desain memiliki banyak kesamaan, tetapi day running light-nya begitu tajam, lebih tajam dibanding kakaknya yang hanya berupa garis.. Tidak hanya desain terbarunya, R6 memiliki berbagai macam kelebihan seperti kontrol traksi 6 tingkat dengan quickshifter, D-mode yang merupakan sistem performa mesin yang dibagi menjadi 3 mode, yakni 'A' yang menawarkan respon mesin lebih baik di kecepatan rendah dan menengah, sedangkan versi 'B', tidak setajam mode terakhir, 'STD', namun memberikan respon gas yang lebih sensitif dan versi 'STD' yang cocok untuk kondisi berkendara pada umumnya..


Selain itu, menggunakan garpu suspensi dari R1 dengan diameter 43mm dan kaliper rem radial dengan ukuran cakram 320mm ganda dan emisi pembuangan mesinnya sudah memenuhi Euro 4 dan sistem pengereman ABS.. Meskipun pasar supersport kabarnya sedang lesu, Yamaha tetap komit untuk memperbaharui desain R6 model 2017.. Mesinnya pun mengalami peningkatan tenaga yang mengacu pada model R1 dan MotoGP-nya, M1.. Seperti yang kita tahu air intake (bagian tengah fairng depan) R1M dan R6 mengadopsi dari model M1 dengan penerangan LED ganda dan DRL yang juga LED..


Terdapat lubang udara samping dan garis horizontal yang dinamakan 'cross-layered design' yang diklaim mampu meningkatkan sisi aerodinamika R6 sebanyak 8 persen.. Kemudian juga sistem kontrol traksi 6 tingkat termasuk 'off', kemudian quickshifter dan suspensi KYB terbalik yang mengalami pembesaran sebanyak 2mm menjadi 43mm.. Bagian belakangnya pun baru tidak semata-mata tebal dan besar, Yamaha mencoba membuatnya slim dengan dilapisi layer yang membuatnya menjadi tebal namun aerodinamis.. Tangki terbaru didesain dengan alumunium sehingga tergolong ringan.


Bahan alumunium sangat cocok untuk mensentralisasi beban motor sehingga dapat menampung tambahan beban seperti ABS, kontrol traksi dan quickshifter sehingga bobotnya menjadi 190 kg.. Terdapat juga display status TCS dan ABS.. Meskipun begitu, desain knalpotnya masih sederhana.. Selain itu, mesin 599cc, 4 silinder dengan ukuran pipa bore x stroke, 67mm x 42,5mm dengan kompresi 13,1:1, silencer Titanium dan tersedia dalam dua warna, Race Blu dan Tech Black..

Itulah yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..


Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram