Mesin 5 Tak, Dimana Power Besar Dikombinasikan dengan Keiritan Bahan Bakar..


Semakin berkembangnya jaman, teknologi dan banyak hal lainnya pasti akan selalu mendapatkan dampak perubahan, baik maupun buruk.. Tetapi pada dasarnya perubahan itu ditujukan untuk hal yang lebih baik, bukan sebaliknya.. Jika kita membahas masalah mesin 2 langkah dan 4 langkah yang ternyata pada perkembangan jaman menuntut emisi dan keiritan lebih, maka saatnya kita memasuki era mesin 5 langkah dengan bahan bakar bensin yang di satu sisi memiliki power yang besar, namun memiliki keiritan layaknya kendaraan diesel dengan emisi yang tidak seburuk mesin diesel..




Ilmor merupakan sebuah pabrikan Inggris yang menangani berbagai macam mesin, mulai dari mesin speed boat, kendaraan militer, mesin otomotif termasuk F1, Rally dan sebagainya dengan proyek termuktahir mereka adalah mesin 5 tak..

Cara kerja mesin 5 tak ini adalah menggunakan 2 silinder tekanan tinggi layaknya silinder mesin 4 tak pada sisi kiri dan kanan ditambah satu silinder besar bertekanan rendah di bagian tengah..



CMIIW.. Dari video yang saya dapatkan, saya mendapatkan penjelasan bahwa kompresi mesin = ekspansi mesin.. Jadi kompresi tinggi berarti ekspansi juga tinggi.. Kompresi tinggi meningkatkan efisiensi bahan bakar dan inilah yang diincar oleh mesin jenis ini.. Pada silinder tekanan tinggi yang berada di sebelah kiri-kanan menggunakan kompresi rendah 7:1 dan bekerja bergantian kiri dan kanan dan kemudian terjadi ekspansi menuju silinder bertekanan rendah yang memiliki kompresi mesin 25:1, tetapi pada video dijelaskan ekspansi keseluruhannya adalah 14:1..

Mengapa hasil kompresi pada dua silinder tekanan tinggi pertama dipindah ke satu silinder besar bertekanan rendah pada bagian tengah..? Yakni agar suhu pembuangan pada knalpot lebih rendah sehingga tidak membutuhkan bantuan pendingin dan power yang dihasilkan lebih besar.. Dan dengan mesin ini, terdapat beberapa keuntungan lainnya, seperti pengurangan berat sebanyak 20 persen, mesin mengalami pengurangan ukuran dan adanya kesamaan teknologi dan bentuk material sehingga tidak perlu cost lebih untuk memproduksi mesin jenis ini..

Tenaga yang dihasilkan pada video adalah menggunakan mesin 700cc, 3 silinder yang mampu menghasilkan 130 bhp dan lebih dari 185 bhp jika mesinnya 1.000cc dengan torsi 160 Nm dan bahan bakar 226 g/KwH atau 0,23 liter/jam (setidaknya ini konversi yang dapat saya temukan).. Kabarnya, karena mebutuhkan banyak dana untuk paten dan sebagainya, maka mesin ini masih merupakan prototipe..

Itulah yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram