Penggunaan Busi Iridium.. Bermanfaatkah..?


Belakangan ini saya mendapatkan sedikit masukan dari teman saya yang juga sesama pengguna motor.. Teman saya ini menyarankan saya untuk mengganti busi motor saya dari yang pabrikan menjadi iridium.. Kebetulan seminggu lalu, saat saya ingin mengganti lampu belakang dan pijakan kaki depan motor saya karena sudah habis, maka saya mendatangi dealer Yamaha Pemuda Semarang untuk membeli spare parts tersebut..

Saat saya berada di bagian pelayanan, terdapat x-banner yang mempromosikan busi iridium yang menurut pendapat teman saya dapat meningkatkan pembakaran karena titik fokus pembakaran menjadi lebih baik.. Tertarik dengan keuntungan yang didapatnya, saya menjadi penasaran dan ingin mencoba.. Dipatok pada harga Rp 99.000,00, jika memang membawa dampak positif kenapa ngga..?

Yang saya pikirkan adalah dengan pembakaran yang lebih baik, biasanya akan membawa dampak pada tenaga yang dihasilkan meningkat, emisi gas menjadi lebih baik dan juga keiritan.. Tetapi setelah saya coba telusuri di internet ternyata begitu banyak pandangan akan busi iridium.. Ada yang berkata percuma karena tidak membawa efek, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa performa memang meningkat, tetapi di satu sisi perlu setting-an yang tepat pada mesin agar keawetan mesin terjaga..

Dari data yang saya dapat, busi iridium memang memiliki ketahanan akan panas yang lebih tinggi dibanding busi bawaan, yakni mencapai 2500 derajat C selain itu ujungnya yang memang leih runcing membuat pembakaran lebih fokus di tengah dan tegangan yang digunakan lebih kecil dan semua itu berpengaruh pada tarikan, efisiensi bahan bakar, pembuangan hasil sisa pembakaran yang lebih baik dan menurut sumber, memiliki daya tahan lebih kuat dibanding busi bawaan..

Selain itu, ada berbagai macam jenis busi iridium yang disesuaikan dengan keperluan berkendara.. Ada yang difokuskan pada daya tahan hingga diatas 80.000 km ada juga yang hanya 32,000 km tingkat optimalnya dan memberikan dampak pada tenaga lebih besar..

Itu saja yang dapat saya sampaikan untuk saat ini.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram