2017 Kawasaki Ninja 1000, Cantik dan Berisi..


Belakangan ini Kawasaki gencar menelurkan produk-produk baru seperti versi naked, Z650 dan Z900.. Lalu, Ninja 650 yang merupakan versi fairing dari Z650 dengan model yang lebih sporty.. Nah, kali ini Kawasaki kembali meluncurkan motor sport-touring dengan bentuk yang tidak kalah agresif dari model sport-nya, yakni ZX-10R.. Diperuntukkan untuk perjalanan jauh, desainnya tidak semata-mata meniru motor dengan model sejenis.. Beberapa permasalahan desain motor sport-touring dipecahkan dengan tampilan fairing yang rendah dan tangki serta jok belakang yang tinggi sehingga orang mengira motor ini adalah sport tulen..


Dengan body yang terpahat dengan indah di setiap lekukannya, Kawasaki menerapkan model multi-layer sehingga bentuknya berlapis-lapis dan ini membuat body-nya sangat berisi.. Menggunakan Inertial Measurement Unit 6 titik dari Bosch yang mengukur tekanan pada motor, dan lahan magnetik di sekitar motor yang menggunakan gabungan accelerometers dan giroskopik, serta teknologi lainnya, seperti Kawasaki Traction Control dan KIBS (sistem ABS).. KTRC memaksimalkan wheelie control (standing) dan KIBS yang mencegah ban belakang motor terangkat (stoppie) dan meminimalisir tendangan berlebih saat berakselerasi..


Dari data yang diberikan oleh IMU, komputer pada motor akan menyeimbangkan bukaan gas, penggunaan kopling dan posisi gear untuk mengkalkulasi penggunaan rem belakang dan penurunan gigi yang sesuai.. IMU juga berperan penting dalam corner braking control, yakni kontrol rem saat menikung yang akan membantu motor tidak melebar saat menikung..


Dengan knalpot ganda pada kiri dan kanan motor dengan dua lubang pada setiap sisinya yang sudah memenuhi persyaratan emisi Euro 4.. Suspensinya pun membuat tinggi menurun dari 82 cm menjadi 81,5 cm dan penggunaan material telapak rem yang lebih baik.. Lalu, juga windscreen 15mm lebih tinggi dan dapat diatur dalam tiga posisi.. Fairing berlapisnya pun membuat body menebal 28mm pada tiap sisinya yang membantu menepis angin dari kaki pengendara dan dari panas mesin..


Lampu pun lebih terang dengan penggunaan LED yang sekaligus menarik daya 50 persen lebih rendah.. Untuk ergonomi, Ninja 1000 terbaru memiliki 5 pilihan posisi kopling dan spion yang lebih lebar 20mm dan juga jok bonceng lebih panjang, sedangkan jok pengendara lebih lebar dan bahan yang lebih tebal yang mencegah pembonceng melorot ke depan.. Pegangan tangan bagian belakang pun didesain dengan bentuk yang baru menyatu pada bagian bawah body..

Panel indikator dipenuhi dengan tachometer dan terlihat begitu dinamis dengan model semi-digital yang begitu lengkap.. Ada juga perlengkapan seperti box yang dapat memuat 47 liter dan seperti yang tadi saya bahas, ketinggian tempat duduk turun 7-8mm dengan jok ERGO-FIT yang tahan dingin dan elastis.. Ada juga windshield yang di-smoke agar sedikit buram, gel seat, seat cover untuk satu pengendara, tank bag, smart bag, pemanas jok, sambungan listrik 7,5 A, 20 W, GPS bracket, sliders dan front axle sliders untuk melindungi body dari benturan, tank pad (pelindung tangki), knee pads, stiker pelek dan sebagainya..


Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram