Yamaha R1M vs R1S, Quality vs Quantity..


Belakangan ini pabrikan-pabrikan terutama Jepang berusaha memberikan kemudahan bagi para calon pembeli produknya dengan memberikan lebih dari satu model pada satu jenis produknya.. Memungkinkan pembeli memilih motor dengan spek lebih tinggi atau standar sesuai keinginan dan udget yang dimilikinya.. Suzuki memberikan pilihan GSX-R1000 dan GSX-R1000R, Honda menawarkan CBR1000RR SP dan SP2 yang memiliki perbedaan dan diproduksi terbatas..Di sisi lain, pabrikan Eropa menawarkan upgrade yang kurang efektif karena harus membeli dan memasang secara terpisah..


Balik lagi ke Yamaha, ternyata ada perbedaan harga yang mencolok dari R1m dan R1S, yakni $15.000 untuk sebuah R1S yang menggunakan body plastik, pelek 5 palang dari alumunium, grafis dan warna berbeda dan suspensi biasa yang menggantikan suspensi active electronic race dari Ohlins yang hanya ada di versi 'M', sedangkan R1M seharga $22.000 dengan menggunakan body carbon fiber, pelek ukuran sama berbahan magnesium yang ringan dengan ban street yang lebih tahan lama.. Dan juga batang piston titanium yang ada di model M menggantikan bahan konvensional berupa baja.. Dengan bobot yang lebih besar, membuat putaran mesinnya 2.000 rpm lebih rendah.. cmiiw..


Ini membuat putaran pada versi M meningkat menjadi 14.200 rpm, sedangkan versi 'S' mentok pada 12.200 rpm.. Karena putaran mesinnya lebih rendah, maka R1S lebih sering meraung pada batas putarannya ketimbang versi 'M' dan membuatnya lebih sering mengganti gigi.. Kenyamanan pun didapatkan lebih pada versi 'M' dengan suspensi yang dapat diatur dengan hanya menekan tombol dan membuatnya mampu meredam guncangan lebih baik dan memberikan kontrol sasis lebih baik..


Setelah pengetesan didapatkan hasil, R1M memiliki kelebihan terutama pada putaran mesin dan suspensi dengan harganya saja yang memang lebih mahal, tetapi tetap sepadan, sedangkan pada bagian mesin, R1M mampu memberikan 164,7 tenaga kuda @12.500 rpm dan 163,1 tenaga kuda @11.770 pada versi 'S'.. Sedikit berbeda dengan torsinya, 100,73 Nm @8.800 rpm pada versi 'M' dan 102 Nm @8.830 rpm pada versi 'S'.. Bobot pun berbeda dimana versi 'M' sedikit lebih ringan, yakni 190 kg dan 191,4 kg untuk R1S..

Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram