Bagian Vital yang Digunakan untuk Mengatur Respon Kopling


Oke, langsung aja melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini saya ingin membahas bagian yang dapat digunakan untuk mengatur keresponsifan motor. Yakni pada kabel ini. Pada motor saya sebelumnya yang sempat terjatuh dan membuat kopling mencuat ke depan, teknisi Yamaha yang meng-handle motor saya ternyata merubah bagian ini sehingga saya tidak perlu meraih kopling terlalu jauh.

Efek positifnya perganitan gigi menjadi lebih cepat, mesin sedikit lebih responsif karena tidak perlu meraih kopling terlalu jauh. Efek negatifnya, pada awal pemakaian akan kaget dan karena kopling di buat lebih kendor, saat menekan kopling ada tombol pass beam yang ikut tersentuh sehingga setiap kali oper gigi, motor akan memberi flash.


Langkah yang harus dilakukan adalah memindah posisi ring yang saya lingkari dengan memutar kedua baut di kiri-kanan. Semakin ke kiri kopling akan beroperasi jika ditekan lebih dalam. Sebaliknya jika posisi di geser ke kanan, maka posisi kopling akan menjauh dan dengan sedikit tekan saja kopling sudah beroperasi.

Saya rasa sekian dulu yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan tetap hati-hati di jalan. Peace!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram