Kenal Lebih Dalam dengan Akrapovic, Muffler Resmi Ajang MotoGP


Akrapovic, adalah sebuah perusahaan Slovenia dengan spesialisasi muffler atau yang biasa kita sebut knalpot. Didirikan pada tahun 1990 dengan nama 'Skorpion in Scorpion' oleh pembalap Slovenia, Igor Akrapovic. Ide membuat knalpot, pertama kali muncul karena saat itu knalpot yang digunakan untuk balap sangatlah mahal dengan dinding pipa yang sangat tebal dan juga secara teknis, sistem knalpot superior saat itu masih dianggap terlalu mahal.

Oleh karena itu, berbekal ilmu tuning yang ia dapatkan saat balapan, Igor berusaha membuat knalpot dengan bahan fiber karbon dan juga titanium untuk menggantikan besi.

Pada 1993, akhirnya Kawasaki yang berada di Jerman mencobanya dan pada 1994 adalah pertama kalinya digunakan pada kompetisi internasional seperti ESBK dan WSBK. Sejak saat itu, pabrikan besar lainnya seperti Yamaha, Suzuki, Honda, dsb tertarik untuk menggunakan knalpot ini.

Pada 1997 akhirnya mereka merubah namanya menjadi Akrapovic dan Akira Yanagawa adalah pembalap pertama tim Kawasaki yang menang dengan menggunakan knalpot Akrapovic ini. Hingga saat ini Akrapovic adalah penyuplai muffler tidak hanya roda dua, tetapi juga roda empat, seperti Porsche, BMW dan Audi.

Ferrari 458 Italia menggunakan Akrapovic

Meskipun ditujukan untuk mendapat muffler berkemampuan tinggi dengan harga lebih terjangkau, Akrapovic masih tergolong mahal bila dibanding knalpot-knalpot pada umumnya. Hanya saja bahan dan kualitas yang mumpuni memang patut diancungi jempol. Tidak heran Akrapovic umumnya terpasang pada motor-motor high-end seperti R1, Ducati dan motor-motor seperti ini.

Tetapi tenang saja, Akrapovic juga menjual muffler untuk motor sport ber-cc kecil dengan harga yang boleh dibilang masih masuk akal. Jadi jangan takut untuk mendapat knalpot yang sudah teruji kemampuannya dengan merogoh kocek sedikit lebih dalam. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram