Self Repair : Memperbaiki Sendiri Beberapa Komponen After Crash


Jika kemarin saya sempat menulis artikel mengenai tabrakan yang terjadi pada malam hari beberapa waktu yang lalu, kali ini saya ingin membahas perbaikannya. Menghabiskan dana cukup banyak meskipun bagian yang di repair tidaklah terlalu kompleks, hanya bagian pelindung dan transmisi.

Pertama-tama saya membeli barang-barang yang dibutuhkan. bar end guard atau pelindung ujung-ujung stang seharga Rp 19.000,00 / satuan, lalu clutch handle atau pegangan kopling seharga Rp 53.000,00. Selain itu saya juga membeli foot step kiri seharga Rp 51.000 - 53.000 belum termasuk karet dan kedua baut seharga Rp 9.000 (karet foot step) dan Rp 2.000/baut.

Tidak lupa membeli kunci kembang L seharga Rp 35.000,00 (1 set). Pengerjaan dengan tingkat kesuitan paling rendah ada pada penggantian pelindung ujung stang. Yang kedua, bagian kopling karena harus sedikit membongkar panel tombol di sebelah kiri.

Nah, secara ngga sengaja saya justru menemukan cara mengatur atau menyesuaikan tarikan kopling. Sedikit intermezzo saja, motor saya sempat terjatuh dan membuat kopling mencuat ke depan sehingga semakin susah diraih, teknisi setempat merubah setting-annya sehingga dengan sedikit remas saja kopling akan beroperasi, akan saya bahas ke depannya mengenai hal ini.

Berikut bagian-bagian yang harus diganti



Usut punya usut ternyata handle kopling terbuat dari besi yang membuatnya berkualitas dan harganya pun mahal. Oke, setelah beberapa jam memperbaiki, berikut adalah hasil pengerjaan saya. Tidak mulus seperti semula, tetapi setidaknya layak untuk dikendarai.



Setidaknya ini jauh lebih baik dibandingkan saat pertama kali setelah kejadian. Cek di sini Crash New Vixion. Jika agan-agan perhatikan sekalian pada artikel yang lalu, motor saya kehilangan dua baut di bagian visor, ternyata satu bagian sudah tanpa dudukan dan satu bagian lagi masih dengan dudukan tetapi sudah tidak mampu beroperasi dengan optimal sehingga saya relakan kedua bagian baut. Untungnya, kedua bau lainnya masih berfungsi dengan sangat baik. Itu saja artikel singkat saya. Selamat siang dan selamat beraktivitas..!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram