Tyre Warmer, Perangkat Wajib Para Pembalap MotoGP

Mungkin agan-agan sekalian sering melihat gambar seperti di atas saat motor-motor yang digunakan untuk balap masih berada di pit mereka masing-masing. Mungkin ada yang bertanya-tanya perangkat apa sih itu..? Atau hanya sekedar cover ban untuk menutupi ban saat motor tidak digunakan.

Ternyata bukan hanya sekedar cover ban, tyre warmer itulah sebutan untuk alat satu ini. Sempat bertanya-tanya juga, tetapi setelah saya cari-cari, ternyata ini adalah perangkat yang digunakan untuk memanaskan ban sebelum race berlangsung.

Suhu yang diberikan tyre warmer ini cukup tinggi, yakni mulai dari 85-100 derajat celcius. Kegunaan dari perangkat ini adalah memanaskan ban tanpa harus melakukan warming lap atau putaran pemanasan yang harus dilakukan sekitar 4-6 putaran. Sedangkan 4-6 putaran ini adalah kondisi terburuk ban saat ban masih benar-benar dingin dan tidak memberikan grip yang baik pada motor.

Kedua, putaran pemanasan yang dilakukan akan membuat umur ban lebih pendek bila dibandingkan dengan menggunakan tyre warmer ini dan yang terakhir adalah start yang lebih baik karena tidak diperlukan pemanasan dan juga memberikan rasa aman kepada para pembalap saat melakukan race. Ini saja yang bisa saya sampaikan. Selamat pagi dan selamat beraktivitas..!

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram