2017 Triumph Street Triple RS Hadir Dengan Kubikasi Mesin Lebih Besar


Sekitar sebulan yang lalu, Triumph meluncurkan versi terbaru dari jagoan tiga silinder di kelas middleweight-nya yang mendapatkan berbagai update untuk menyesuaikan dengan perkembangan roda dua secara global. Tampil dengan tiga pilihan tipe, Triumph mencoba memberikan pilihan dengan range harga yang berbeda-beda. Tiga tipe ini, yakni model S, R dan RS. Tetapi untuk saat ini, saya akan lebih banyak membahas model RS yang dibekali mesin dengan kapasitas lebih besar, yakni dari 675cc menjadi 765cc. Membuatnya lebih powerful dan tangguh. Untuk urusan mesin, Triumph meningkatkan power-nya 16% lebih besar menjadi 121bhp pada 11.700 rpm dan torsi meningkat 13% menjadi 77 Nm pada 10.800 rpm pada model RS.


Gigi pertama dan kedua dibuat dengan rasio lebih pendek dan kopling yang lebih ringan, serta slip clutch untuk mengontrol penurunan gigi lebih halus. Untuk lampu depan mendapatkan perombakan dengan tetap mempertahankan dual headlamp yang kali ini tampil dengan model lebih agresif dan adanya lubang air intake pada bagian atas lampu. Untuk model RS, Triumph memberikan DRL Daytime Running Light model LED yang lebih terang, namun menggunakan daya lebih sedikit.



Triumph juga menambahkan 80 parts baru yang membuat motor ini 1,2 kg lebih ringan. Selain ringan, model RS merupakan Street Triple dengan mesin powerful dan canggih yang pernah dibuat oleh Triumph. Menggunakan layar instrumen TFT full colour 5 inci dan ride-by-wire throttle, 5 ride modes, kontrol traksi, quickshifter dan ABS multi-mode. Bannya juga menggunakan Pirelli Supercorsa SP sebagai standar.



Terdapat dua pilihan warna, yakni Matt Silver Ice atau Phantom Black. Untuk piranti keselamatan, Triumph menggunakan Brembo M50 4-piston model radial monobloc dengan cakram ganda ukuran 310mm bagian depan dan kaliper 1-piston dari Brembo dengan cakram 220mm pada bagian belakang. ABS-nya dapat diatur dengan tiga mode pengaturan, Road, Track dan Off. Untuk performanya sendiri, Triumph menggunakan suspensi USD ukuran 41mm merek Showa pada bagian depan dan Ohlins STX40 pada bagian belakang.




Triumph memberikan 6 tampilan berbeda pada layar instrumen yang menampilkan berbagai informasi termasuk posisi gir, konsumsi bahan bakar, pemilihan riding mode dan masih banyak lagi dengan joystick 5 arah untuk penggantian display. Quickshifter juga menjadi fitur standar model RS dengan kefektifan 2,5 kali lebih besar dari penggunaan kopling.

Sedangkan untuk sasis, Triumph masih menggunakan sasis yang sama dengan beberapa pengaturan ulang dan lengan ayun dengan poros (pivot) berbeda yang mengurangi kompresi berlebih pada saat akselerasi tinggi di ban belakang yang membuatnya lebih stabil di kecepatan tinggi. Juga ECU yang mengatur kontrol traksi dan ABS lebih baik. Berikut spesifikasi dari motor ini.

2017 Triumph Street Triple 765
Mesin 765cc Liquid-Cooled, 12 katup, DOHC, 3 silinder segaris
Tenaga 121bhp @ 11.700 rpm
Torsi 77Nm @ 10.800 rpm
Bore x Stroke 78mm x 53,4mm
Kompresi Mesin 12,65:1
Sasis Alumunium Beam Twin Spar
Suspensi Depan Showa 41mm Upside-Down dengan pengaturan preload, kompresi dan rebound damping
Suspensi Belakang Ohlins STX40 Monoshock dengan pengaturan preload, kompresi dan rebound damping
Rem Depan Dual floating discs ukuran 310mm, kaliper Brembo M50 4-piston Radial Monocloc
Rem Belakang Single disc ukuran 220mm, kaliper Brembo 1-piston
Ban Depan 120/70 ZR17 Pirelli Diablo Supercorsa SP
Ban Belakang 180/55 ZR17 Pirelli Diablo Supercorsa SP
Tinggi Jok 825mm
Wheelbase 1410mm
Berat Kosong 166kg
Kapasitas Tangki Bensin 17,4 liter

Itulah setidaknya yang dapat saya sampaikan. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram