(How-to) Pemahaman Cara Kerja Kopling


Berikut akan saya berikan penjelasan, bagaimana memahami cara kerja kopling pada motor. Hal pertama yang dapat saya sampaikan adalah, apakah Anda sering terpikir 'Mengapa motor dan mobil dapat melakukan 'setengah kopling'?' Dimana Anda dapat memperhalus dan mengurangi tenaga dengan kopling. Dan juga, kenapa saat kita terlalu banyak menggunakan kopling, seperti saat menanjak akan keluar asap?

Penjelasan sederhananya dikarenakan kopling menggunakan yang namanya Multi Plate Clutch, dimana terdapat dua jenis piringan yang disusun berselingan sekitar 3 piringan gerigi dalam dan 3 piringan gerigi luar.

Piringan Gerigi Luar (hitam) dan Piringan Gerigi Dalam (merah)

Saat tuas kopling kita tarik, maka pada bagian plat kuning akan melonggar sehingga setiap piringan akan ikut melonggar. Itu membuat setiap piringan bergesek bahkan lepas kontak dengan piringan lainnya sehingga mesin terus berputar, tetapi kelonggaran tiap plat akan berkurang dan berkurang hingga di plat paling luar piringan tidak akan bergerak. Sedangkan saat 'setengah kopling', terjadi gesekan. Dan akibat gesekan, maka tenaga mesin tidak akan keluar sepenuhnya, melainkan dikonversi semakin kecil pada setiap plat-nya yang hingga kendaraan dapat berjalan pelan dan halus, bahkan berhenti.

Ini sangat penting saat melewati tanjakan atau pergantian gigi. Untuk memperhalus tenaga pada mesin yang ingin disalurkan ke ban. Tanpa kopling, kinerja mesin akan sangat berat karena perputaran mesin harus tetap berjalan, sedangkan dibutuhkan penghalus agar mesin tidak kaget dan berhenti, seperti saat pertama kali belajar mengendarai motor kopling.

Sedangkan saat kopling dilepas, plat kuning akan merapat dan membuat setiap plat menjadi satu. Di sini roda mendapatkan traksi penuh dari tenaga mesin tersalurkan 100 persen tanpa gesekan. Ini dapat terjadi, jika kendaraan sudah melaju dengan stabil dan perputaran tenaga mesin sudah sesuai dengan kecepatan kendaraan.

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat menonton video di atas untuk penjelasan lebih rinci. Satu hal lagi, yang membuat kendaraan berasap saat 'setengah kopling' adalah karena terlalu banyaknya gesekan antara plat dan membuatnya cepat aus.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram