(How-to) Menghitung Rasio Gir Pada Motor


Ingin tahu bagaimana cara mengatur rasio gigi untuk memaksimalkan top speed, akselerasi atau keseimbangan antara keduanya? Berikut saya jabarkan caranya. Pertama, pada motor terdapat gir besar dan kecil. Ukuran besar biasanya berkaitan langsung dengan roda pada bagian belakang, sedangkan bagian kecil biasanya tidak terlihat karena letaknya terselubung di dalam mesin. Pada dasarnya, terdapat dua penjelasan sederhana cara mengubah rasio gir transmisi.


Jika dilihat pada sebuah gir, maka akan terlihat bagian menonjol dan menjorok ke dalam secara teratur. Itulah yang menjadi patokan. Jika bagian depan umumnya memiliki mata gir lebih sedikit dibanding pada bagian belakang. Penjelasan pertama, semakin besar mata gir depan, maka akan berpengaruh pada peningkatan akselerasi. Sebaliknya, semakin kecil gir depan, akan berpengaruh pada peningkatan top speed.

Namun, jika Anda lihat pada jumlah mata gir pada bagian belakang, maka berbanding terbalik dengan gir depan, yakni semakin besar mata gir belakang, maka akan terjadi peningkatan top speed, sedangkan gir semakin kecil, maka akan bereaksi pada akselerasi lebih tinggi.


Jika digabungkan, maka perhitungannya adalah jumlah mata gir belakang dibagi dengan mata gir depan. Contoh, mata gir belakang 35 dan mata gir depan adalah 10, maka rasio yang didapatkan adalah 3,50. Besar kecilnya rasio yang didapatkan berpengaruh pada top speed dan juga akselerasi. Rasio besar akan membuat motor memiliki top speed yang tinggi, tetapi akselerasi-nya akan sangat lambat. Kebalikannya, jika Anda menggunakan rasio kecil, maka akselerasi-nya tinggi, tetapi tidak dapat mencapai kecepatan tinggi.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka pabrikan sudah mengatur ukuran gir depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan pengendara dan spesifikasi motor. Pengaturan ini dapat diubah-ubah tetapi membutuhkan perhitungan tepat agar kemampuan motor dapat tersalurkan sesuai keinginan.

Itu adalah penjelasan sederhana mengenai rasio gir. Tetapi pada kendaraan bermotor tidak sesederhana itu. cmiiw. Terdapat lebih dari dua gir dan perhitungan lebih dalam. Setidaknya itu yang dapat saya sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram