CB190R/CBF190R, Serupa dengan Kawasaki Z1000..?


Sebagai salah seorang blogger yang menulis artikel tentang roda dua, pasti tidaklah asing melihat motor-motor yang ada sekarang.. Tidak dipungkiri, perkembangan jaman dan persaingan membuat perusahaan-perusahaan bersaing habis-habisan.. Bukan hanya bersaing dengan pabrikan-pabrikan yang sudah ada, tetapi juga berjibaku dengan perusahaan-perusahaan baru yang sedang berkembang.. Meskipun saat ini masih kecil, dealer belum tersedia secara keseluruhan, tetapi bila tidak diantisipasi bisa saja dari bibit-bibit kecil menjadi pohon besar yang akarnya kuat dan susah dirubuhkan.. Seperti nasib, siapa yang tahu kita nantinya menjadi seperti apa.. Selain berdoa, juga perlu kerja keras untuk mencapai yang kita inginkan, terdengar klise, tetapi itulah kehidupan..

Dan kali ini saya ingin membahas bahwa persaingan terkadang juga membuat banyak perubahan di berbagai sisi.. Seperti produk Honda satu ini.. CB190R/CBF190R memang sebuah nama yang asing, bagaimana tidak, motor ini ternyata dijual oleh Honda di China dan kabarnya sekarang cuma diproduksi untuk negara Tiongkok.. Belum ada kepastian untuk masuk Indonesia, tetapi jika iya, motor ini digadang-gadang akan menjadi pesaing Yamaha Xabre.. Baca artikelnya di sini.. CB190R/CBF190R

Sebagai negara yang terkenal dengan produknya yang murah, Tiongkok juga terkenal karena pandai meniru produk yang ada, tetapi karena mengejar harga terjangkau terkadang kualitasnya diragukan.. Meskipun begitu, bukan berarti semua barang produksi Tiongkok jelek.. Ada juga barang negara tirai bambu yang berkualitas, hanya sayang persepsi masyarakat sudah terbentuk seperti itu..
Z1000 2013

Nah, untuk kali ini, sebenarnya cukup banyak orang yang mengatakan desain motor ini serupa dengan Kawasaki Z1000.. Yang terlihat jelas ada pada bagian headlight-nya yang nunduk dan turun segaris dengan kontur tangki yang besar dan bagian dagu lampu yang panjang, buntut pendek.. Meskipun tidak sama tetapi memang tidak dapat dipungkiri desainnya mirip.. Alirannya pun sama, yakni streetfighter, terlebih jika dibandingkan dengan model 2013 seperti gambar di atas.. Adakah indikasi Honda Tiongkok mengambil basis desain yang sama dengan Kawasaki Z1000..? Saya tidak tahu pasti, tetapi hal ini dimungkinkan selama desain tidak menjiplak persis plek dan dari pihak Kawasaki pun tidak keberatan, maka model Honda CB/CBF190R ini sah-sah saja..

Dalam dunia desain, tidaklah sama dengan kasus kriminal.. Perumpamaan seperti kasus pembunuhan, meskipun tidak ada tuntutan dari keluarga atau saksi dan sebagainya, orang itu akan tetap diadili.. Beda kasus dengan desain, meskipun orang melihat desain itu mirip, tetapi tidak ada tuntutan dari pihak yang bersangkutan, maka tidak akan diperkarakan..

Z1000 2016

Sekali lagi, saya tidak bilang bahwa Honda Tiongkok meniru persis, tetapi bila terinspirasi dari Kawasaki Z1000, bisa jadi.. Karena jujur, desain Z1000 memang menawan dan garang.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram