Honda RC213V-S, Versi Jalanan dari MotoGP Honda..


Setelah kemarin kita membahas banyak mengenai MotoGP dari pengaturan Sesi KualifikasiApa yang spesial dari MotoGP dan juga Pilihan Ban pada MotoGP, kali ini kita membahas salah satu kendaraan yang digunakan pada ajang balap MotoGP, yakni Honda RC213V-S, versi jalanan dari RC213V.. Sempat kemarin saya menulis tentang MotoGP dimana motor yang digunakan adalah jenis prototipe dan tidak dijual untuk massal, ternyata Honda pada 2015 lalu, meluncurkan RC213V-S dengan tambahan berbagai macam parts agar motor ini layak digunakan di jalanan, seperti lampu depan-belakang, lampu sign, spion dan juga rear fender..

Sesuai dengan serinya, yakni RC213V-S, maka model ini hanya diproduksi 213 unit saja dan kabarnya Indonesia hanya mendapat jatah satu unit, dimana pihak AHM menyatakan tidak akan menjualnya dan hanya menggunakannya untuk event tertentu.. Jika dijual untuk umum pun di beberapa negara di Eropa, Jepang,
Australia dan Amerika dengan kisaran harga antara 3M ke atas..


Di Indonesia sendiri, harga RC213V-S akan meroket karena pajak barang mewah yang persentasenya tidak masuk akal dan masih bisa naik lagi dari perkiraan 75%-125% sehingga harga yang diperkirakan bisa mencapai 7M..

Makna 'S' sendiri berarti street atau jalanan, dan secara spesifikasi, untuk motor semahal ini, namun tenaga dan torsinya ternyata tidak sebesar yang digunakan pada MotoGP, yakni sebesar 101 HP pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 90 Nm pada 8000 rpm pula.. Meskipun motor ini merupakan replika, namun beberapa spesifikasinya ternyata masih berbeda, seperti panjang, lebar tinggi dan juga ground clearance-nya, begitu pula beratnya karena sudah mendapatkan tambahan parts seperti yang saya sebutkan di atas..


Itu saja yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram