Bagaimana Proses Kualifikasi yang Harus Dilalui untuk Mengikuti Race MotoGP..?

www.crash.net

Untuk mengikuti race pada hari Minggu, ternyata terdapat proses yang harus dilalui para pembalap untuk mendapatkan posisi yang lebih baik.. Seperti yang biasa kita lihat pada ajang MotoGP, pembalap harus mengikuti tiga sesi free practice, dan dua sesi kualifikasi untuk memperebutkan posisi pertama.. Di sini skill para pembalap juga diuji untuk menorehkan waktu terbaiknya.. Semakin cepat seorang pembalap menyelesaikan satu putaran, maka posisi lebih depan dapat diraih dan ini juga mempengaruhi hasil race..

Butuh performa yang luar biasa pada setiap sesinya.. Itulah mengapa kebanyakan pembalap berebut tempat pada posisi pertama.. Bayangkan jika Anda mendapatkan tempat di urutan 13 atau 14, maka diperlukan tenaga ekstra untuk menyalip pembalap-pembalap di depannya..

Berbeda bila kita sudah di depan, meski mempertahankan posisi juga bukan hal yang mudah setidaknya jika sudah di depan dapat menorehkan posisi yang lebih baik..

Sekali lagi, berada di depan bukan jaminan akan juara karena mempertahankan posisi atau mengejar pembalap posisi atas juga bukanlah hal yang mudah..


Oke, segitu saja pengantarnya.. Langsung saja kita membahas tahapannya.. Tahap pertama adalah free practice (latihan bebas) sebanyak tiga kali, dimana disediakan waktu sebanyak 45 menit per sesi pada hari Jumat pagi dan sore, serta Sabtu pagi.. Setelah melewati sesi ini, maka sesi kualifikasi dilakukan.. Berbeda dengan sesi latihan bebas, kualifikasi satu (Q1) hanya untuk urutan 11 ke bawah.. Ini didapat dari gabungan  tiga waktu pada latihan bebas.. Sepuluh tercepat akan langsung menuju ke kualifikasi dua (Q2), sedangkan sisanya masuk ke Q1..

Dua pembalap tercepat pada Q1 akan masuk ke Q2 bersama sepuluh pembalap tercepat lainnya untuk ikut bersaing memperebutkan posisi pertama hingga 12.. Dua pembalap dari Q1 mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki posisi di Q2.. Setelah Q2, maka race dilakukan menurut torehan waktu terbaik pada Q2..


Biasanya posisi depan ditempati oleh pembalap dengan skill yang baik, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk pembalap lain berada di posisi ini.. Race akan dimulai dari Moto3, Moto2 dan yang terakhir adalah MotoGP pada hari Minggu..

Itulah sekiranya informasi yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram