Perbedaan Mendasar Motor Naked dan Faired


Seperti yang kita lihat, kebanyakan motor-motor yang diproduksi pabrikan biasanya dirilis dalam dua jenis, yakni model naked dan juga faired.. Entah versi naked dulu yang keluar ataupun versi faired terlebih dahulu.. Seperti pada Bajaj Pulsar 200NS, Bajaj mengeluarkan versi naked-nya terlebih dahulu.. cmiiw.. Baru mengeluarkan versi fairing-nya, yakni Pulsar RS200..

Dengan menciptakan dua versi ini dapat memberikan konsumen pilihan akan motor yang dikehendakinya.. Meskipun versi faired dan naked memiliki persamaan, tetapi ternyata kedua motor ini dibedakan, mulai dari desain, terutama pada bagian depan, spesifikasi mesin, ergonomi dan masih banyak lagi..

Semua ini dilakukan karena kedua versi motor di atas memiliki karakteristiknya masing-masing.. Sebagai contoh, motor naked memiliki ergonomi yang membuat pengendara lebih tegak dibanding tipe faired yang sedikit menunduk dan menggunakan stang jepit, berbeda dengan tipe naked yang menggunakan bar..



Mesin yang digunakan meskipun sama tetapi konfigurasinya sedikit berbeda.. Secara desain jelas, versi faired menggunakan fairing dan naked tidak menggunakannya, bahkan pada beberapa motor, tangkinya pun berbeda.. Seperti pada Ninja 250 dengan Z250 akan memiliki beberapa persamaan pada knalpot, ban dan pelek, serta buritan..

Motor naked sendiri memiliki beberapa unggulan seperti tidak adanya fairing yang akan menerima benturan dan kerusakan lebih karena penampangnya yang lebih luas.. Biaya perbaikan akan lebih tinggi dan juga lebih berat.. Selain itu, akan sedikit ribet jika ingin berbelok ataupun memutar karena adanya fairing..

Tetapi bayangkan saat berkendara dengan kecepatan tinggi, fairing dan windshield akan banyak membantu pengendara mengalihkan angin sehingga lebih stabil pada kecepatan tinggi.. Motor naked akan membuat pengendara terkena paparan angin lebih besar.. Selain itu fairing akan melindungi mesin dari kotoran dan sebagainya..

Fairing sendiri merupakan evolusi dari motor naked pada jaman dahulu dan dapat meningkatkan aerodinamika dan tampiln yang terlihat lebih keren.. Tetapi kembali ke awal, semua itu adalah selera masing-masing..

Itu saja yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram