EBR 1190RX, Inikah Pesaing Ducati Panigale 1199..?

Setelah kemarin kita membahas sebuah motor rakitan yang menggunakan mesin sebuah motor naked buatan pabrikan Inggris yang kita kenal dengan nama Triumph Speed Triple 1050 yang diubah menjadi sebuah motor semi-faired yang dijuluki Enigma 1050, sesuai dengan mesin tiga silinder yang disandingnya.. Kali ini kita membahas sebuah motor sport Amerika yang boleh dibilang jarang karena Amerika kental dengan motor rebel-nya yang sering kita kenal dengan nama Harley Davidson, yakni EBR 1190RX..

EBR sendiri adalah sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan Erik Buell Racing.. Sejarah singkatnya, Buell Racing Company adalah sebuah perusahaan yang dibawahi oleh brand ternama Amerika, yakni Harley Davidson yang memutuskan untuk menutup pabrik ini pada akhir 2009 lalu.. Tidak menyerah begitu saja, sang pemilik Erik Buell mendirikan perusahaan kecil yang terdiri dari 13 orang untuk membuat sebuah motor limited yang dijual dengan harga 39,999 USD atau sekitar 520 jutaan..


Sejak dulu Amerika terkenal dengan power-nya, kendaraan yang bagus di trek lurus dengan akselerasi mantap, tetapi keganasan mesinnya membuat kendaraan Amerika butuh perlakuan khusus saat menerima tikungan dan kendalinya.. Jadi beberapa sumber masih mempertanyakan, sebuah pabrikan Amerika ingin membuat motor sport..?

Pertanyaan ini dijawab oleh Erik Buell yang akhirnya menciptakan sebuah EBR 1190RX yang secara langsung akan berhadapan dengan motor pabrikan Italia, Ducati Panigale 1190.. Sanggupkah..??


FYI, motor ini dijual dengan harga 15,000 USD atau sekitar 195 jutaan setelah mendapat potongan 4,000 USD dari harga aslinya, yakni 19,000 USD atau 250 jutaan.. Apa saja kelebihan yang dimilikinya..? Mesin 1190cc dengan konfigurasi V 72 derajat yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 185 HP (137 Kw) pada 10,600 rpm dan torsi sebesar 137,8 Nm pada 8,200 rpm dengan kompresi mesin yang tinggi, yakni 13,4:1..


Selain itu, desain yang atraktif dengan pelek depan dan belakang yang memiliki model berbeda, lampu belakang yang menjadi satu dengan rear fender, digital speedometer, dan tiga pilihan warna berbeda, yakni kuning sebagai warna khas EBR dan warna hitam serta merah..



Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram