Mengenal Lebih Dekat dengan Jenis Motor Off-Road


Bahasan blog saya saat ini, memang sedikit menclak-menclok (lompat-lompat).. Dari bahasan motor cafe racer, hukum konversi dan sebagainya yang membuat kita memutar otak dengan matematika dan hari ini tiba-tiba membahas tentang jenis motor off-road.. Sebagai blogger yang tergolong masih baru, ide bahasan memang terkadang sedikit membingungkan.. Apalagi sebagai blogger dituntut untuk konsisten dan memberikan update postingan setiap harinya, maka mohon dimaklumi..Tetapi saya berusaha memberikan artikel yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi Anda sekalian..

Yup, langsung masuk saja ke bahasan.. Sebagai pembuka, motor off-road terdiri dari empat jenis, yakni Motocross, Enduro, Dual Sport dan yang terakhir adalah Motard..


  • Motocross
Motocross adalah jenis motor offroad yang digunakan pada ajang balap dengan ban tahu yang yang jarang-jarang tonjolannya.. Tidak dapat digunakan di jalan raya karena tidak memenuhi standar motor pada umumnya, seperti spion, lampu depan-belakang, lampu sign dan knalpot yang lolos uji emisi.. Mesinnya berkapasitas 125-450cc, dan memiliki spesifikasi untuk balap, maka tidak heran harganya sangat mahal..

  • Enduro

Motor jenis Enduro digunakan untuk uji ketahanan dengan melewati berbagai macam rintangan seperti jalan berbatu, sungai, naik-turun bukit, lumpur.. Hampir sama dengan motocross, hanya saja tidak semahal motocross dan dilengkapi dengan lampu untuk kebutuhan malam hari.. Seperti terlampir pada gambar di atas..

Ciri-cirinya akan terlihat di spesifikasi yang membedakan dengan motocross dengan harga tidak semahal motocross, namun memiliki tangki yang lebih besar untuk kebutuhan jarak jauh..

  • Dual Sport

Motor dual sport adalah motor yang dapat digunakan di jalan raya, maupun dapat juga digunakan untuk offroad karena motor ini sudah dilengkapi fitur-fitur yang mendukung untuk digunakan di jalan raya, seperti lampu depan-belakang, spion, klakson, speedometer dan lampu sign sehingga diperbolehkan untuk digunakan di jalanan.. Karena namanya dual, maka dapat diartikan double atau dapat digunakan pada dua kebutuhan, yakni jalanan dan offroad..

  • Motard

Adalah jenis motor trail yang disilangkan dengan motor jalanan dengan ciri-ciri, body trail, namun menggunakan ban halus berukuran lebih kecil, seperti motor jalanan pada umumnya.. Motor ini sangat nyaman saat digunakan pada jalan biasa (onroad), tetapi akan sangat tidak efektif untuk jalanan offroad.. 

Itulah sekiranya yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram