Endurance World Championship, Uji Ketahanan Pembalap Selama Lebih dari 8 Jam..


Jika Anda semua menyukai balapan motor seperti MotoGP, Moto2/3 atau bahkan pernah tahu ajang balap Isle Man of TT yang meningkatkan adrenalin, sekali-kali cobalah mengikuti ajang balap satu ini. Endurance World Championship, atau Kejuaraan Uji Ketahanan Dunia yang diadakan hanya empat kali saja dalam setahunnya dan merupakan salah satu ajang balap ekstrim yang menguji kekuatan mental balapan selama 8, 12 hingga 24 jam..

Dilaksanakan di empat tempat berbeda, yakni Le Mans yang terkenal dengan ajang balap 24 jamnya, Autodromo Internacional do Algarve di Portugal selama 12 jam, kemudian di Suzuka, Jepang selama 8 jam pada tanggal 29-31 Juli 2016 nanti dan yang terakhir di Jerman-Motorsport Arena Oschersleben dengan rentang waktu 8 jam pada 26-27 Agustus 2016..

Balapan ini cukup unik karena dimulai dengan berlari meneberangi lintasan untuk mendapatkan motor mereka masing-masing kemudian siapa yang menaiki dan melaju lebih dulu akan mendapat posisi yang lebih baik.. Di Le Mans 2015 lalu, tim Suzuki memenangkan balapan dengan torehan 833 putaran.. Semakin banyak melakukan putaran dalam waktu yang diberikan akan memenangkan balapan..


Bayangkan lelahnya menjalani balapan ini, persiapan mental dan fisik harus optimal, selain konsentrasi penuh pada balapan, kesalahan sedikit saja dalam 24 jam akan menggugurkan mereka dari balapan dan juga tenaga yang digunakan terkuras.. Dalam 1 tim terdapat 3 orang pengendara.. cmiiw.. Meskipun pada polling suara yang dilakukan oleh Motorcycle News, ajang balap EWC masuk daftar ke-empat dari empat balapan ketangguhan seperti Isle Man of TT, The Dakar dan juga The Ezberg Rodeo, tetapi resiko yang mengikuti mereka sama besarnya dengan ajang balap berbahaya lainnya..


Balapan ini diikuti oleh 5 pabrikan, yakni BMW, Kawasaki, Suzuki, Honda dan Yamaha.. Motor yang digunakan biasanya sudah dilengkapi lampu untuk berkendara di malam hari.. Untuk modelnya sendiri, BMW menggunakan S1000RR, Suzuki dengan GSX-R 1000, Honda dengan CBR1000RR, Kawasaki dengan ZX-10R dan Yamaha dengan R1..


Sepertinya itu saja yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram