Bagaimana Knalpot Dapat Menyaring Suara..?

Muffler / Knalpot

Apakah Anda sekalian pernah bertanya-tanya dalam pikiran, bagaimanakah suara sepeda motor dapat disaring hingga mengeluarkan suara yang lebih halus dan tidak bising.. Seperti yang kita tahu, sebuah motor standar menggunakan ujung knalpot yang didalamnya terdapat rangkaian yang membuatnya menghasilkan suara lebih pelan dan ternyata berhubungan dengan tenaga yang dikeluarkan.. Mengapa..?


Ternyata di dalam muffler terdapat rangkaian seperti di atas.. Ada benda yang dinamakan resonator chamber, adalah ruangan besar seperti kepompong knalpot.. Yang kedua catalyzer / perforations adalah pipa yang memiliki lubang-lubang kecil yang akan memecah suara sehingga saat keluar dari knalpot nanti akan semakin halus..


Seperti bagan di atas, suara yang masuk akan berputar-putar dan memantul di dalam muffler tersaring catalyzer sehingga suara akan halus.. Itulah cara kerja knalpot standar.. Sayangnya knalpot model ini selain menyaring suara juga menyaring tenaga sehingga mesin tidak mampu mengeluarkan tenaga terbaiknya.. Pertanyaan lagi..

Mengapa hal ini bisa terjadi..?

Pernah mendengar free flow muffler adalah knalpot sedikit hambatan.. Semakin sederhana rangkaian muffler akan mengeluarkan suara yang lebih keras dan tenaga lebih maksimal.. Ini dikarenakan adanya back pressure pada knalpot standar yang memotong tenaga..

Jadi, back pressure terjadi ketika tekanan pada muffler menjadi besar dan terhambat oleh penyaringan pada muffler.. Udara hasil pembuangan tertahan dan sulit keluar.. Itulah kenapa ada knalpot yang disebut free flow, berarti bebas hambatan dan lebih ringkas desainnya sehingga udara mengalir lebih lancar, suara semakin keras dan tenaga lebih maksimal..

Seperti itulah kira-kira penjelasan bagaimana knalpot menyaring suara dan apa proses yang terjadi sehingga knalpot bersuara keras menghasilkan tenaga yang lebih baik.. Sekian dari saya.. Terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram