Tipe-tipe Motor yang Digunakan pada MotoGP


Kali ini kita membahas mengenai tipe-tipe motor apa saja yang digunakan pada ajang balap bergengsi MotoGP.. Terdapat 5 merek berbeda, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati dan Aprilia yang terbagi menjadi 11 tim berbeda, terdiri dari tim pabrikan dan juga tim satelit.. Terdapat 21 pembalap yang berlaga pada balap MotoGP, di antaranya pembalap pabrikan seperti Valentino Rossi, Lorenzo, Marquez dan Dani Pedrosa dan juga pembalap tim satelit seperti Dovizioso, Iannone, Aleix Espargaro dan Stefan Bradl.. Tidak hanya setiap tim yang berkompetisi, bahkan setiap rider pun punya sub-team yang memiliki data masing-masing akan motor dan pengendara masing-masing..

Maka tidak heran terkadang sesama satu tim pun saling bersaing untuk mendapatkan poin terbanyak dan meskipun sah, membagi data sub-team ke sesama tim pun dianggap tidak adil karena setiap data yang mereka kumpulkan adalah hasil research dengan rider.. Tetapi kali ini kita akan membahas tunggangan mereka masing-masing.. Langsung saja..

  • Yamaha YZR-M1

Yamaha menggunakan nama YZR-M1 untuk motor yang digunakan untuk MotoGP.. Dengan segala parts yang mereka benamkan, secara mengejutkan bebannya hanya 157 kg, bayangkan dengan motor produksi massal yang bebannya melebihi dari 200 kg.. Menggunakan ECU yang dipasok oleh Magneti Marelli, power yang dihasilkan motor ini mencapai di atas 240 HP dan dengan bobotnya yang ringan dapat melesat lebih dari 330 km/j..

  • Honda RC213V
Konsep dasar RC213V diperkenalkan pada 2012 lalu, dengan mesin 1000cc DOHC konfigurasi V4 untuk mengeksploitasi tenaga sebesar mungkin hingga mencapai 235 HP, lebih ringan dan mudah digunakan oleh para rider, menggunakan sasis alumuium twin-tube, dan mengalami peningkatan tenaga sebesar hampir 7 HP dibanding model 2015..

  • Suzuki GSX-RR

Sempat dipamerkan di acara EICMA Motorcycle Show 2016 lalu di Milan, Italia, GSX-RR mengalami beberapa ubahan pada body dan juga tenaga yang dikabarkan meningkat.. Dengan livery khas warna biru laut disandingkan dengan garis-garis berwarna mencolok hijau-kekuningan, menggunakan mesin datar 180 derajat dengan teknologi ride-by-wire dengan 10 tingkatan traksi dan Suzuki Drive Mode Selector dan sistem ABS elektronik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 230 HP dan mampu menembus lebih dari 330 km/j..

  • Ducati Desmosedici GP16
Ducati menggunakan mesin 90 derajat V4 yang mampu menyemburkan lebih dari 245 HP dan mampu berlari menembus 340 km/j.. Inilah yang digadang-gadang membuat Lorenzo terpikat untuk menjajal Ducati.. Dengan mempertahankan winglet bahkan menambah jumlahnya menjadi dua pasang pada atas dan tengah fairing.. Frame yang digunakan baru untuk menyesuaikan dengan supplier ban baru untuk MotoGP, yakni Michelin..

  • Aprilia RS-GP

Aprilia RS-GP menggunakan mesin berkonfigurasi V yang khusus dibuat untuk ajang MotoGP dan dikembangkan sejak 2015 lalu dan mengikuti jejak Suzuki untuk kembali ke MotoGP.. RS-GP bukanlah sebuah motor evolusi terbaru dari Aprilia, namun mendesain ulang dari RS-GP sebelumnya.. Tidak hanya mengembangkan sendiri, Aprilia bekerjasama dengan Piaggio Group yang merupakan grup besar yang memegang beberapa merek kendaraan termasuk Aprilia..

Itulah kira-kira yang dapat saya sampaikan.. Sekian dari saya.. Semoga bermanfaat..

Unknown

1 comment:

Instagram