ZX-10R 2016, Tampil Lebih Manis


Jika pada versi sebelumnya, Kawasaki mendesain ZX-10R dengan headlamp yang runcing dan tajam.. Pada ZX-10R 2016 ini, Kawasaki mengeluarkan desain yang lebih manis dengan lengkungan halus pada bagian ujung dalam lampu.. Bagian yang berbeda juga terlihat pada bagian knalpot, dimana pada desain sebelumnya knalpot membesar pada ujungnya, sedangkan pada versi 2016, ukuran lebih konsisten dari depan ke belakang..

Sempat mengagetkan dengan desain render mirip H2, ternyata, Kawasaki tidak menggunakan desain tersebut dan ternyata beda jauh dengan prediksi.. Dan ternyata konsep desain yang digunakan masih sama dengan klan ZX sebelumnya..
Selain lampu depan yang mengalami perubahan, lampu belakang pun tidak terlewat dari perubahan.. Lampu belakang yang pada desain sebelumnya hanya berbentuk persegi panjang, untuk desain 2016 ini, lampu belakang juga terlihat berbeda dengan bentuk segitiga yang terkesan sangar..

Mesin yang disandang adalah 998cc dengan tipe DOHC yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 207 bhp pada 13,000rpm dan torsi sebesar 113,8 Nm pada 11,500 rpm.. Yang mengejutkan, tenaga, ZX-10R 2016 ini menyamai Ninja H2.. Bedanya, pada 10,000rpm H2 sudah mencapai tenaga maksimalnya, sedangkan pada ZX-10R 2016 pada 13,000 rpm.. Yang berbeda adalah torsi puncak yang terpaut  yang mencapai 140 Nm..

Disini dapat dilihat memang harga tidak dapat dibohongi.. Besarnya tenaga dan torsi yang dimiliki Ninja H2 tidak lepas dari peran supercharger yang menyokong tenaga Ninja H2..

Yang tak kalah menarik dari ZX-10R 2016 adalah adanya BFF Suspension (Balance Free Fork), yang memberikan keseimbangan tekanan pada tiap sisi suspensi.. Yang meningkatkan kenyamanan dan pengendalian..


Terdapat perbedaan juga dari posisi mengemudi yang lebih baik dengan adanya BFF Suspension, gear dan crankshaft yang lebih ringan yang meningkatkan akselerasi, pengendalian, memasuki tikungan dan mengganti arah..


Selain itu, terdapat tambahan elektronik seperti launch / traction control, corner management, engine braking dan ABS.. Semakin lengkaplah sudah ZX-10R model 2016.. Sekiranya, itu yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram