Sistem Lisensi Eropa Penyebab Banyaknya Motor Sport 125cc


Seperti yang kita bahas beberapa hari lalu, mengenai mengapa motor 125cc di Eropa dan beberapa negara lainnya sangat mahal dan banyak digunakan oleh para rider di sana.. Harga Motor Sport 125cc Mahal..
Setelah membahas posting kemarin itu, sempat terlintas di pikiran.. Bagaimana proses yang perlu dilewati supaya dapat menggunakan motor dengan kubikasi besar seperti ZX-10R, R1, CBR1000RR dan masih banyak lagi..

Oke langsung kita bahas saja, ternyata untuk mendapatkan full license sebuah motor diperlukan 4 tahapan, mulai dari AM, A1, A2 hingga A.. Lebih hebohnya lagi, setelah umur minimum 24 tahun, baru seorang pengendara dapat mengendarai motor apa saja yang mereka mau..

CategoryVehicle typeMinimum ageNotes
AMMotorcycle16Light motorcycle with a design speed of less than 45 km/h (28 mph).
A1Motorcycle17Light motorcycles with a cubic capacity not exceeding 125 cc and of a power output not exceeding 11 kW (14.6 bhp). A motor tricycle less than 15 kW power output
A2Motorcycle19Motorcycles up to 35 kW (47 bhp) and a power to mass ratio not exceeding 0.2 kW/kg. Motorcycle combination with a power mass ratio not exceeding 0.2 kW/kg.
AMotorcycle24 Any size motorcycle with or without a sidecar. A Motor tricycle power output over 15 kW
Wikipedia

Di Inggris, untuk mendapatkan lisensi A2, dibutuhkan waktu selama 2 tahun dan pelatihan hingga lolos, maka akan dapat mengendarai motor dengan kubikasi mesin 250-300cc yang tidak boleh melampaui 35kW.. Terakhir, agar dapat menggunakan motor dengan kubikasi lebih besar lagi, maka dibutuhkan 5 tahun untuk mendapatkan lisensi A, yakni minimal Anda berumur 24 tahun..

Bayangkan di Indonesia saja, anak di bawah umur sudah dapat mengendarai Ninja 250cc.. Sebenarnya dalam proses ini, para rider diajarkan secara bertahap untuk beradaptasi dengan motor berkubikasi kecil dan waktu 1-2 tahun adalah waktu yang cukup singkat, untuk menguasai motor dengan kubikasi tertentu..

Keselamatan di sini menjadi nomor satu, serta pengalaman dan kesiapan pengendara di jalan.. Itu menjadi penyebab ketatnya mendapatkan lisensi penuh..

Sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram