Mengenal Ajang Balap Superbike Dunia, WSBK


Setelah kemarin kita membahas berbagai macam balapan seperti Endurance World Championship, ajang balap ketahanan, Isle Man of TT, ajang balap jalan raya yang berbahaya dan mengulik beberapa bahasan mengenai MotoGP, sekarang kita membahas salah satu ajang balap yang juga tidak kalah beken dan bedanya dengan MotoGP sudah jelas.. WSBK menggunakan motor-motor yang juga dijual untuk publik tetapi sudah mengalami perombakan atau tuning sehingga mampu memenuhi kebutuhan untuk balapan di salah satu ajang balap terbesar ini..

Jika pada balapan roda empat, MotoGP dikaitkan dengan balapan F1, sedangkan pada WSBK dikaitkan dengan balap Touring Car yang memang menggunakan kendaraan yang diproduksi massal.. Dilaksanakan di berbagai tempat di dunia, mulai dari Amerika, Selandia Baru, Malaysia, Canada dan masih banyak lagi, ternyata Indonesia pun sempat mengajukan diri untuk menjadi salah satu tuan rumah pada 2008, namun ditolak oleh pihak FIM..


Beberapa pabrikan yang saat ini mengikuti ajang balap besar ini adalah, Aprilia, BMW, Yamaha, Ducati, Honda, Kawasaki dan MV Agusta..
Aprilia RSV4

Aprilia menggunakan motor RSV4 yang memiliki 4 silinder dengan sudut kemiringan 65 derajat konfigurasi V yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 200hp dan disediakan dalam dua jenis, yakni RSV4RR dan RSV4 RF untuk musim 2016 ini..

BMW S1000RR

Yamaha R1

Untuk R1 digunakan body racing dengan persyaratan minimal bobot 168 kg dan beberapa ubahan pada sektor perangkat lunak, knalpot, ban, suspensi, pengereman dan masih banyak lagi yang membuat motor ini siap untuk ajang balap ini..

Ducati Panigale 1198 R

Menggunakan Panigale R yang memiliki power sebesar 212HP dan dapat melaju lebih dari 195mph (312 kmh), mesin 1198cc dengan update suspensi, komponen mesin dan elektrik..

Kawasaki ZX-10R

Kawasaki dituntut untuk tidak memberikan perubahan besar pada motornya, sehingga hanya bagian depan dan bak mesin yang boleh diubah..

MV Agusta F4

Honda CBR1000RR

Sepertinya itu saja yang bisa saya sampaikan.. Sekian dan terima kasih..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram