Hukum Konversi Power dan Torsi Mesin..


Pada postingan kali ini saya ingin membahas salah satu hal yang mungkin sedikit jauh dari bahasan biasanya.. Tetapi hal ini cukup membantu pemahaman Anda sekalian saat membaca artikel-artikel tentang roda dua, maupun roda empat terutama jika sedang mengulas spesifikasi sebuah kendaraan.. Karena sering kali pada saat membahas tentang kendaraan, terutama pada sisi power ataupun torsi menggunakan satuan yang berbeda-beda.. Terkadang Kw (Kilowatt), HP (horse power), BHP (brake horse power), DK (Daya Kuda), tetapi pada dasarnya HP dan DK sama..Pada BHP, tenaga diukur pada mesin, sedangkan HP dan Ps diukur pada tenaga yang dihasilkan pada roda..

Akan berbeda power-nya karena BHP diukur murni dari mesin, sedangkan HP dan Ps biasanya lebih sedikit dari BHP karena ada tenaga yang terbuang akibat gesekan ban dan girboks transmisi..

1 Kw = 1,34 HP

Jadi contoh, motor dengan 100 Kw sama dengan 134 HP, sedangkan sebaliknya

1HP = 0,745 Kw

100 HP x 0,75 Kw = 75 Kw

Selain itu ada juga Ps (Pferdestarke), bahasa Jerman..

1Ps = 0,99 HP
1 HP = 1,01 Ps

Itu untuk satuan power atau tenaga mesin, berbeda lagi dengan torsi yang menggunakan satuan pada umumnya lb-ft dan juga Nm atau yang sedikit digunakan adalah kg/m..

Pada kasus lb-ft dan Nm, lb-ft sama dengan pound-foot, berarti satu pon tekanan yang dihasilkan pada setiap kaki.. Sedikit membingungkan memang, tetapi yang menjadi poin penting adalah

1 lb-ft = 1,36 Nm
1 Nm = 0,74 lb-ft

Jika pada kg/m menjadi Nm (Newton Metres)

1 kg/m = 9,8 Nm
1 Nm = 0,10 kg/m

Terakhir, jika ingin merubah dari kg/m ke lb-ft

1 kg/m = 0,67 lb-ft
1 lb-ft = 1,49 kg/m

Untuk postingan ini, memang sedikit membingungkan dan membosankan, tetapi jika kita ingin lebih mudah, gunakan satuan pokok yang menjadi pegangan Anda.. Seperti memilih HP pada konversi power dan Nm untuk satuan torsi.. HP biasa digunakan Amerika dan Inggris, sedangkan Ps digunakan di Jerman dan negara Eropa lainnya..

Itu saja yang dapat saya sampaikan.. Semoga bermanfaat..

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram