Marc Marquez, Seorang Rookie yang Membalap Layaknya Seorang Pro


Marc Marquez yang fenomenal, setelah menjadi Rookie yang langsung merebut piala kejuaraan di musim pertamanya, tahun lalu. Berita terkini mengulas kemenangannya empat kali berturut-turut yang terakhir pada Sirkuit Jerez, Spanyol.

Bagaimana Marc melakukannya,,? Apakah dampak dari dampingan sang senior, Dani Pedrosa..? Atau Apakah Marc mendapatkan tim yang tepat digabungkan dengan skill-nya dan sedikit keberuntungan dari Dewi Fortuna..? Karena musim lalu, bukanlah kemenangan biasa yang didapatkan seorang Marc Marquez. Dari 18 balapan hanya dua kali Marc tidak podium. Sisanya kemenangan mutlak juara 2 dan 3 ,serta sempat 4 kali berturut-turut mendapatkan juara 1, persis seperti pada awal musim ini. Rahasia apakah yang membuat Marc begitu cepat dan sulit dikalahkan.

Masih seumuran dengan saya (21 tahun), Marc Marquez sudah mendapatkan banyak prestasi kejuaraan.
Mulai membalap pada 2008 lalu, saat masih berumur 15 tahun, Marc Marquez menggunakan motor KTM 125cc. 2 musim berlalu, Marc Marquez masih belum bisa memberikan hasil dengan harus puas pada posisi ke-13 (2008) dan posisi ke-8 (2009).


Kepindahannya ke Derbi pada musim 2010 membuahkan hasil dengan podium 12 kali dari 17 pertandingan dan membawanya menjadi pemegang juara satu dengan skor 310.


Pada 2011 dan 2012, Marc Marquez naik kelas ke Moto 2 dengan menggunakan Suter-Honda dan tidak dapat dibendung lagi, Marc Marquez mendapatkan podium pada keduanya dengan musim 2011 menjadi runner-up dan pada 2012 menjadi juara pertama dengan skor 328.


Nah, hingga 2014 ini selain menjuarai MotoGP 2013, Marc Marquez juga memecahkan rekor seperti menjadi pembalap termuda yang memenangkan premier class world, orang ke-empat yang mendapatkan title kejuaraan di tiga kategori berbeda bersama Rossi sebagai orang ketiga dan juga Rookie pertama yang memenangkan premier class world title, sejak Kenny Roberts memenangkan 500 world champion pada 1978 lalu.

Masih segudang rekor dan title yang ia dapatkan sejak naik kelas menjadi MotoGP ini. Untuk daftar rekor dan title yang ia dapatkan bisa di cek di sini Marc Marquez Record Breaking - motogp.com.

Dari segudang prestasi yang berhasil Marc Marquez dapatkan, musim 2014 ini bisa jadi menjadi musim yang berat bagi pengendara lain, tidak terkecuali rekan setim-nya Dani Pedrosa dan duo Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Kita tunggu saja ada hal menarik yang apakah yang terjadi sepanjang musim 2014 ini. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat!

Marc Marquez dengan Repsol-Honda

Unknown

No comments:

Post a Comment

Instagram